Berita

Dinkes Provinsi Papua Selatan Selenggarakan Rakerkesda

×

Dinkes Provinsi Papua Selatan Selenggarakan Rakerkesda

Sebarkan artikel ini
Rakersda Dinkes PPS. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Papua Selatan menyelenggarakan rapat kerja kesehatan daerah (Rakerkesda) tahun 2023.

1728
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Rakerkesda dilakukan guna menghasilkan masukan dan solusi terbaik untuk pembangunan di bidang kesehatan.

Sugino Ketua Panitia Kegiatan Dinas Kesehatan, Pengendali Penduduk, dan Keluarga Berencana PPS menyampaikan saat ini Pemerintahan Pusat maupun daerah sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang terdiri dari 6 pilar yakni Transformasi Layanan Primer, Transformasi Layanan Rujukan, Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, Transformasi SDM Kesehatan dan Transformasi Teknologi Kesehatan.

“Semua pilar ini mengharuskan kita untuk melakukan perubahan mindset/cara pandang. Kita perlu membangkitkan sinergi sistem kesehatan agar lebih siap dalam menghadapi masalah kesehatan. Peran semua pihak sangat diperlukan agar kita bisa menyusun kebijakan dalam mencapai target dari masing-masing pilar,” ujar Sugiono di Swissbel-hotel Merauke Senin, (22/5/2023).

Kesempatan yang sama Pj Gubernur PPS, Apolo Safanpo menyebut secara umum pembangunan kesehatan meliputi tiga aspek yakni sarana para sarana, pembangunan bidang SDM, dan bidang peralatan kesehatan. Dan khusus SDM harus memenuhi kualifikasi pendidikan tertentu.

“Dari ketiga aspek tersebut ada tujuan utama yakni hospitality yakni pelayanan kesehatan yang ramah dan baik yang menunjukkan cinta dan kasih kepada pasien. Sehingga Raker kali ini kita merencanakan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan diikuti tiga aspek utama,” tutur Safanpo.

Kesempatan yang sama pula dilakukan penandatanganan Universal Health Coverage (UHC) non cut off Jaminan Kesehatan di PPS yang dilakukan Pj Gubernur dan Deputi Direksi Wilayah XII BPJS Kesehatan, Mangisi Raja Simarmata.