Berita

Dengan Penandatanganan UHC, Masyarakat Semakin Mudah Akses Layanan Kesehatan

×

Dengan Penandatanganan UHC, Masyarakat Semakin Mudah Akses Layanan Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Pendadatanganan UHC non cut off jaminan kesehatan di PPS. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pemerintah Provinsi Papua Selatan memperkuat komitmennya memberikan jaminan kesehatan menyeluruh bagi penduduknya. Hal tersebut dibuktikan melalui kegiatan penandatanganan Universal Health Coverage (UHC) Non Cut Off Jaminan Kesehatan di Provinsi Papua Selatan.

1233
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Per 1 Mei 2023, sebanyak 516.545 jiwa atau lebih dari 98% penduduk di Provinsi Papua Selatan telah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

“Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Papua Selatan atas komitmen dalam memberikan kepastian jaminan kesehatan kepada penduduk di Provinsi Papua Selatan. Ini merupakan wujud nyata kehadiran pemerintah dalam Program JKN serta bentuk dukungan terselenggaranya Program JKN yang berkesinambungan. Kami berharap agar dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan khususnya cakupan jaminan kesehatan semesta bagi seluruh penduduk di Provinsi Papua Selatan,” ujar Deputi Direksi Wilayah XII BPJS Kesehatan, Mangisi Raja Simarmata dalam sambutannya di Swiss-belhotel Merauke, Senin (22/5/2023).

Mangisi menjelaskan bahwa pihaknya akan terus berupaya untuk memastikan bahwa seluruh penduduk di Provinsi Papua Selatan akan mendapatkan jaminan kesehatan yang berkualitas berbasis digitalisasi layanan di fasilitas kesehatan.

“Selaras dengan komitmen peningkatan mutu layanan kesehatan yang mudah, cepat dan setara, kami akan terus berupaya serta memastikan kemudahan layanan kesehatan bagi peserta JKN melalui implementasi Janji Layanan JKN tahun 2023 oleh seluruh fasilitas kesehatan di Provinsi Papua Selatan. Kemudahan layanan kesehatan yang saat ini sudah bisa dirasakan oleh peserta JKN yakni antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN, akses layanan kesehatan cukup dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), komitmen layanan tanpa iur biaya tambahan, layanan administrasi tanpa fotocopy berkas serta kemudahan layanan kesehatan lainnya,” tambah Mangisi.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Provinsi Papua Selatan Apolo Safanpo menjelaskan pentingnya pemberian jaminan kesehatan bagi masyarakat. Ia menilai bahwa Program JKN merupakan jawaban atas atas jaminan kesehatan yang selama ini diimpikan oleh seluruh masyarakat Provinsi Papua Selatan.

“Penyelenggaraan Program JKN di Provinsi Papua Selatan sudah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu, puncaknya ketika Provinsi Papua Selatan mendapatkan penghargaan UHC Award dari Wakil Presiden Republik Indonesia di Jakarta pada bulan Maret 2023 yang lalu. Keberhasilan penyelenggaraan Program JKN di Provinsi Papua Selatan tidak terlepas dari dukungan serta partisipasi oleh semua stakeholder, provider layanan kesehatan dan masyarakat. Prestasi yang
baik ini tentunya harus kita pertahankan dan ditingkatkan lagi, langkah baik ini harus kita dukung sepenuhnya agar masyarakat yang ada di Provinsi Papua Selatan mendapatkan jaminan kesehatan yang bermutu,” jelas Apolo dalam sambutannya.

Apolo menyampaikan bahwa UHC tidak hanya mengenai cakupan semesta namun yang paling penting adalah bagaimana setiap orang memiliki akses yang mudah untuk mendapatkan jaminan kesehatan tanpa perlu mengkhawatirkan adanya hambatan finansial.

“Program JKN merupakan salah satu program unggulan pemerintah, UHC tidak hanya berbicara mengenai seberapa banyak penduduk yang telah menjadi peserta JKN, namun yang paling penting adalah masyarakat memiliki akses yang baik dan mudah untuk mendapatkan layanan
kesehatan tanpa harus mengkhawatirkan besar biaya yang akan dikeluarkan ketika berobat.”

“Melalui kegiatan ini, Pemerintah Provinsi Papua Selatan sudah menjalankan komitmen untuk memberikan akses pendaftaran JKN melalui UHC Non Cut Off yang artinya dapat langsung aktif tanpa harus melewati masa tunggu. Saya berharap tidak ada lagi penduduk di Provinsi Papua Selatan yang tidak terdaftar program JKN,” tuturnya.

Saat ini empat Kabupaten di wilayah Provinsi Papua Selatan juga telah mencapai UHC.