Usai Terima Surat dari FIFA, Jokowi Beri Pesan Khusus Kepada PSSI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan keterangan pers soal Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, Kamis (30/3/2023). (foto: tangkapan layar).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir menyerahkan surat dari Presiden FIFA Gianni Infantino kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Jumat 31 Maret 2023. Dalam hal ini, Erick juga telah melaporkan hasil pertemuannya dengan Gianni kepada Jokowi.

Seperti diketahui, Erick Thohir bertolak ke Doha, Qatar, hari Selasa minggu lalu untuk melobby FIFA terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-20 yang dimana Indonesia merupakan tuan rumahnya. Namun, hasil pertemuan tersebut tidak menemui titik terang dan FIFA mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

“Membaca surat tersebut, presiden menginstruksikan saya dua hal. Satu segera membuat peta biru transformasi sepakbola Indonesia. Presiden menekankan ini harus segera selesai dan harus segera diberikan kepada FIFA,” ujar Erick seusai bertemu dengan Presiden Jokowi dikutip TeropongNews, Jumat (31/3/2023).

Kemudian yang Erick menjelaskan, Presiden Jokowi menginstruksikan untuk terus menjalin komunikasi dengan FIFA agar Indonesia tetap menjadi bagian dari keluarga besar FIFA.

Hal tersebut juga menjadi keinginan Jokowi agar Indonesia tidak dikucilkan dari peta sepakbola dunia.

Lebih lanjut Erick juga terus berusaha keras untuk memastikan transformasi sepakbola Indonesia dapat terjadi terjadi dan bukan sebagai isepan jempol belaka. Dirinya terus bekerja keras untuk kembali bernegosiasi kepada FIFA dengan tujuan menghindari sanksi kedepannya.

Untuk itu, saat ini Erick sedang menunggu undangan FIFA setelah mereka melakukan rapat FIFA council.

“Karena dari FIFA tentu mengharapkan hal ini tidak terjadi. Kalau dilihat dari suratnya jelas bahwa FIFA mempelajari dan mempertimbangkan sanksi untuk Indonesia,” pungkas Erick.