Terus Dorong SDM Unggul, Kemendikbudristek Lantik Lima Pemimpin Perguruan Tinggi

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melantik lima pemimpin perguruan tinggi periode tahun 2023-2027 di lingkungan Kemendikbudristek secara luring, di kantor Kemendikbudristek, Jakarta, Kamis (13-4-2023). Foto: ist.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melantik lima pemimpin perguruan tinggi periode tahun 2023-2027 di lingkungan Kemendikbudristek secara luring, di kantor Kemendikbudristek, Jakarta, Kamis (13-4-2023).

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti, menyatakan Kemendikbudristek memiliki tugas besar untuk menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul guna mendukung pembangunan nasional sehingga Indonesia dapat menghindari middle income trap dan tumbuh berkembang menjadi negara maju.

“Syarat utamanya adalah SDM unggul, SDM yang mumpuni, dengan teknologi yang juga maju. Untuk itu, kami mengharapkan peran dari para rektor yang dilantik pada hari ini untuk bisa berkontribusi untuk pencapaian cita-cita tersebut melalui pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkualitas,” kata Suharti.

Lebih lanjut, Suharti menyampaikan bahwa di bawah kepemimpinan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, kementerian telah melakukan transformasi termasuk untuk jenjang pendidikan tinggi dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“Kita beri kesempatan mahasiswa untuk berkembang tidak hanya melalui pembelajaran akademik di kampus. Selain itu, kompetensi SDM perguruan tinggi harus ditingkatkan melalui pendidikan degree, non-degree, dan juga belajar secara mandiri,” imbuh Sesjen.

Berikut nama-nama pejabat yang dilantik, yaitu:

1) Rektor Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Timbul Raharjo;

2) Rektor Universitas Pendidikan Ganesha, I Wayan Lasmawan;

3) Rektor Universitas Sulawesi Barat, Muhammad Abdy;

4) Rektor Universitas Tanjungpura, Garuda Wiko; dan

5) Direktur Politeknik Negeri Lhokseumawe, Rizal Syahyadi.

Suharti berharap agar para rektor yang telah dilantik diberi kekuatan untuk menjalankan amanah, memimpin pembangunan di bidang pendidikan dan kebudayaan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Oleh karena itu, kepada para rektor yang dilantik hari ini mohon bisa terus bersama-sama dengan kami menyukseskan seluruh kebijakan-kebijakan yang telah diambil oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk bisa memastikan layanan di perguruan tinggi bisa berjalan lebih bagus lagi dari waktu ke waktu,” ujarnya.

<