Berita

Resmikan Seke Bakan Teureup, Ini Harapan Wali Kota Bandung

×

Resmikan Seke Bakan Teureup, Ini Harapan Wali Kota Bandung

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meresmikan Seke Bakan Teureup, di RW 10 Kelurahan Pasir Jati, Kecamatan Ujungberung, Selasa (11/4/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meresmikan Seke Bakan Teureup, di RW 10 Kelurahan Pasir Jati, Kecamatan Ujungberung, Selasa (11/4/2023).

Seke atau mata air ini memiliki luas 1.500 meter persegi yang dibangun di atas lahan 2.200 meter persegi, dan memiliki fungsi konservasi, ekonomi, juga sebagai ruang publik terbuka.

Wali Kota Bandung berharap, dengan hadirnya Seke Bakan Teureup, di Kelurahan Pasir Jati ini menjadi cerminan, agar seluruh pihak di Kota Bandung sama-sama bijak dalam menata, dan mengelola sumber daya air.

Menurutnya, perlakuan baik terhadap air akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat Kota Bandung.

“Air itu sumber kehidupan. Mudah-mudahan, dengan kita memperlakukan mata air ini dengan baik, Insya Allah lingkungan juga akan memberikan kehidupan kepada kita semua,” ucap Yana.

Ia juga menitipkan kepada seluruh pihak, utamanya masyarakat sekitar, agar sama-sama menjaga Seke Bakan Teureup sebagai upaya pemeliharaan dan pengelolaan air di Kota Bandung.

“Selain fungsi lingkungan, Seke Bakan Jati juga memiliki fungsi untuk ruang publik terbuka. Mudah-mudahan dengan hal seperti ini ada rasa memiliki juga dari masyarakat, sehingga ikut menjaga fungsi dari tempat-tempat yang sudah diresmikan,” pesan Yana.

Sementara itu Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, Didi Ruswandi menambahkan, ada sekitar dari 280 tanaman pelindung yang ditanam di Seke Bakan Teureup.

Ia memprediksi dalam 5 tahun, tanaman pelindung ini sudah rimbun dan bisa menyerap air.

Selain itu, Didi juga mengungkapkan, revitalisasi Seke Bakan Teureup menjadikan kawasan yang awalnya terkesan gelap dan menyeramkan ini menjadi lebih ramah, dan malah menjadi destinasi bermain favorit bagi warga sekitar.

“Kalau dulu mungkin menjelang Maghrib saja orang sudah enggak berani lewat sini. Pemotor saja sudah enggak mau pelan-pelan. Nah, setelah direvitalisasi, ini sampai jam 10 malam pun ramai aktivitas warga,” terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan mengatakan, hadirnya Seke Bakan Teureup merupakan prestasi ke sekian yang telah ditorehkan Pemkot Bandung.

Istimewanya lagi, Tedy menyebutkan, peresmian ini dilakukan di bulan Ramadhan, yang merupakan bulan mencatat prestasi-prestasi positif.

“Tentu dari DPRD mendukung. Selain punya fungsi konservasi, tempat ini juga bisa meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat. Semoga kita bisa terus menorehkan prestasi positif di kemudian hari,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *