Rekomendasi 5 Lokasi Wisata Bersama Keluarga di Jakarta Saat Libur Lebaran

Pulau Seribu. (Foto: dok. Pigijo)

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Momen libur Lebaran bisa dimanfaatkan untuk mengisi waktu spesial berwisata bersama keluarga di wilayah Jakarta. Terlebih, saat ini sudah tidak diberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), membuat mobilitas masyarakat meningkat.

Bagi masyarakat yang tidak mudik Lebaran tahun 2023 ini, tentu saja bisa memanfaatkan waktu berlibur ke kawasan wisata di Jakarta, untuk mengisi momen berharga ini.

Berikut TeropongNews rekomendasikan destinasi wisata Lebaran yang cocok dinikmati bersama keluarga di sekitar wilayah Jakarta:

  1. Ancol

Destinasi di tepi laut Ancol memiliki pantai yang populer untuk melakukan olahraga air dan dilengkapi rollercoaster serta wahana di Dunia Fantasi juga taman rekreasi air Atlantis Water Adventure.

Keluarga juga dapat menikmati akuarium SeaWorld dengan hiu dan kura-kuranya, serta Ocean Dream Samudra yang menampilkan pertunjukan lumba-lumba dan singa laut. Pasar Seni Ancol juga kerap menampilkan seniman lokal yang baru muncul dan mengadakan pertunjukan tarian di akhir pekan atau hari spesial.

  1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

TMII merangkum kebudayaan bangsa Indonesia, merepresentasikan aspek kehidupan masyarakat di berbagai provinsi dengan keberadaan anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian, dan tradisi daerah.

Selain itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia. Terdapat juga kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas serta Teater Tanah Airku. Pelbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di Jakarta.

  1. Taman Margasatwa Ragunan

Kebun Binatang Ragunan menjadi taman hutan hujan besar yang di dalamnya terdapat pusat primata, gajah, dan harimau Sumatra, serta fauna lainnya.

Di sini, terdapat jalan setapak teduh dengan pepohonan tinggi, populer di kalangan para pelari. Di dalam kawasan Ragunan terdapat Taman Anggrek yang merupakan area terbuka hijau publik. Banyak pilihan opsi makanan di Ragunan dari yang mahal hingga khas lokal harga bersahabat.

  1. Kota Tua

Kota tua di Jakarta yang berpusat di Alun-Alun Fatahillah, yaitu alun-alun yang terkadang ramai dengan pertunjukan rutin tarian tradisional. Lokasi ini sangat Instagramable untuk dijadikan lokasi berfoto ria.

Di dalam kawasan ini terdapat Museum Sejarah Jakarta, yang merupakan bangunan era Belanda dengan lukisan dan barang antik. Sedangkan Museum Wayang memamerkan boneka kayu khas Jawa. Tak jauh dari situ ada Desa Glodok atau Chinatown, terkenal dengan makanan kaki lima, seperti pangsit dan mi goreng.

  1. Pulau Seribu

Kepulauan Seribu merupakan gugusan pulau yang masih berada di wilayah Jakarta. Di wilayah kabupaten ini terdapat zona konservasi berupa taman nasional laut bernama Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKS).

Tentu saja Anda bersama keluarga dapat berwisata ke Pulau Seribu. Umumnya, bisa menyeberang dari Pelabuhan Kali Adem atau Marina di Ancol.

Pulau-pulau yang kerap didatangi wisatawan di antaranya Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Harapan, Pulau Untung Jawa, dan masih banyak yang lainnya.