Berita

Lokakarya 7 Festival Panen Karya CGP Angkatan 6 Merauke

×

Lokakarya 7 Festival Panen Karya CGP Angkatan 6 Merauke

Sebarkan artikel ini
Lokakarya 7 festival panen karya Calon Guru Penggerak angakatan 6 di Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Lokakarya 7 Festival Panen Karya Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan ke 6 Kabupaten Merauke digelar di Aula SMP Negeri 1 Merauke, Jumat (14/4/2023).

Pendidikan Guru penggerak adalah penyiapan peningkatan kompetensi guru yang dipersiapkan untuk menjadi calon pemimpin di masa depan berdasarkan Permendikbudristek RI No.40 Tahun 2021 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah, calon kepala sekolah, pengawas dan calon pengawas atau instruktur yang berkaitan dengan pendidikan.

“Untuk mencapai ke sana, syarat utamanya harus guru penggerak dengan melakukan rangkaian pendidikan selama 6 bulan,” kata Kepala Balai Guru Penggerak Papua, Fatkurohmah,S.Pd,M.Pd saat membuka kegiatan di Merauke.

Ukuran keberhasilan dari guru penggerak akan dilihat dari berapa banyak guru penggerak itu mampu menggerakkan komunitas belajar, baik guru-guru, kepala sekolah dan Dinas Pendidikan dalam hal meningkatkan dan mengembangkan sampai pada administrasi.

“Harapan saya calon guru penggerak yang sudah lulus menjadi guru penggerak ini mampu mendorong peningkatan pelayanan pendidikan di Kabupaten Merauke mulai dari jenjang TK, SD, SMP dan SMA,” sambungnya.

Tugas guru penggerak adalah menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya, menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah, mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah.

Guru Penggerak adalah guru-guru terbaik yang merasa memiliki tanggung jawab untuk memperbaiki sistem pendidikan di negara ini. Keberadaan mereka diharapkan menjadi pemimpin pendidikan masa depan yang mampu membawa kelahiran generasi Indonesia yang unggul.