Berita

Buruan Daftar! Pemprov DKI Jakarta Gelar Program Mudik Gratis Tahun 2023

×

Buruan Daftar! Pemprov DKI Jakarta Gelar Program Mudik Gratis Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
Pemprov DKI Jakarta gelar mudik gratis tahun 2023. (Foto : ppid.jakarta.go.id).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) melaksanakan program mudik gratis untuk tahun 2023 bagi seluruh warga yang ingin merayakan Lebaran dikampung halaman dan kembali lagi ke Jakarta, dengan pendaftaran secara online maupun offline.

“Program Mudik Gratis DKI Jakarta tahun 2023 ini  bertujuan agar masyarakat dapat melaksanakan mudik secara selamat, aman, nyaman, dan menyenangkan. Pada tahun ini, program mudik akan melayani perjalanan mudik menuju 19 kota/kabupaten di 6 (enam) provinsi,” kata Kadishub Syafrin Liputo, dalam laman resmi ppid.jakarta.go.id dikutip TeropongNews, pada Senin (20/3/2023).

Lebih lanjut, Pemprov DKI telah menyediakan 482 bus untuk mengakomodir 19.280 masyarakat Jakarta yang akan melakukan arus mudik dan arus balik. Langkah ini dilakukan agar menekan banyaknya pemudik sepeda motor pada arus mudik maupun balik, serta untuk menunjang mobilitas pemudik di kampung halaman.

“Disediakan juga 23 truk yang dapat mengangkut sebanyak 690 unit sepeda motor pemudik dengan layanan 9 (sembilan) kota/Kabupaten, yakni Kuningan, Tasikmalaya, Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Jombang dan Malang,” jelas Syafrin.

Kemudian untuk arus mudik, telah disiapkan sebanyak 278 bus dengan kapasitas 11.120 penumpang dan 13 truk yang akan mengangkut 390 sepeda motor. Sementara untuk arus balik tersedia 204 bus berkapasitas 8.160 penumpang dan 10 truk yang akan mengangkut 300 sepeda motor.

5081
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Untuk itu Syafrin menambahkan bagi masyarakat yang ingin mendaftar program mudik gratis tersebut, dapat mendaftar mulai tanggal 23 Maret 2023 secara online maupun offline melalui media sosial Dishub DKI Jakarta dan website mudik gratis di mudikgratisjakarta.com.

Pendaftaran secara offline dapat dilakukan di 6 (enam) lokasi service point, baik di kantor Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan Kantor Suku Dinas Perhubungan di lima Wilayah Kota Administrasi. Nantinya, calon peserta mudik gratis wajib membawa dokumen yang tertera untuk persyararan pada saat verifikasi di enam lokasi service point yang telah ditentukan.

“Pada saat pelaksanaan pemberangkatan baik arus mudik dari Jakarta maupun arus balik dari daerah masing-masing, para peserta mudik akan diberikan takjil gratis, snack dan minuman untuk berbuka puasa. Program Mudik Gratis ini diharapkan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat,” pungkas Syafrin.

Sebagai informasi, enam provinsi untuk program mudik tersebut adalah Lampung, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Timur. Kota Bandar Lampung menjadi kota tujuan di Provinsi Lampung; Palembang di Sumatera Selatan; Kuningan dan Tasikmalaya di Jawa Barat; Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Sragen, Wonosobo dan Wonogiri di Provinsi Jawa Tengah; Kota Yogyakarta di Provinsi DIY; serta Madiun, Kediri, Jombang dan Malang di Provinsi Jawa Timur.