Berita

Berhasil Terapkan Budaya K3, PT KPI RU Kasim Raih Gold Bintang 4 di Ajang WISCA 2023

×

Berhasil Terapkan Budaya K3, PT KPI RU Kasim Raih Gold Bintang 4 di Ajang WISCA 2023

Sebarkan artikel ini
Berhasil Terapkan Budaya K3, Gold Bintang 4 di Raih PT KPI RU Kasim di Ajang WISCA 2023.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Kasim menperoleh penghargaan dari World Safety Organization Indonesia Safety Culture Award (WISCA) 2023.

Penghargaan tersebut diterima karena PT KPI RU VII telah menerapkan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan baik dan comply terhadap peraturan yang berlaku.

Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan yang diwakilkan oleh Habib Perwira HSSE RU VII Kasim, mewakili GM RU VII Kasim, pada Senin, 27 Februari 2023 di Hotel Bidakara – Jakarta.

2354
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

General Manager PT KPI RU VII Kasim, Yusuf Mansur mengatakan bahwa Comitment Kilang Kasim dalam menerapkan Budaya safety dalam organisasi yang baik dan benar bagi seluruh jajaran yang terlibat dalam kegiatan Operasional RU VII Kasim.

“Kita sama-sama membagun kesadaran individu akan pentingnya keselamatan dalam segenap aspek kehidupan dan sampai sekarang RU Kasim terus berupaya mendorong terbagunnya budaya keselamatan di tengah masyarakat, keluarga dan pekerja itu sendiri,”ujarnya.

Ia juga merasa bangga dengan pencapaian-pencapaian yang telah di dapat oleh PT. KPI RU VII. Menurutnya semua ini bisa terlaksana atas kerjasama penerapan safety Culture dalam lingkungan PT KPI dan masyarakat sekitar.

WISCA sendiri merupakan penghargaan yang diberikan oleh World Safety Organization (WSO) kepada perusahaan-perusahaan yang telah berbudaya K3, dengan beberapa parameter penilaian, yakni perusahaan telah menjalankan program budaya K3, mengukur level budaya K3, membangun komitmen manajemen dan pekerja, serta mengimplementasikan Sistem Manajemen K3.

WISCA kali ini diikuti lebih kurang 80 perusahaan yang tergabung di dalam WISCA 2023. Adapun program WISCA ini bukanlah lomba atau audit, melainkan bentuk apresiasi bagi perusahaan yang sudah menjalankan budaya K3.

Dijelaskan bahwa membangun budaya keselamatan atau safety culture ini merupakan pondasi dalam membangun K3 yang andal yang pada ujungnya diharapkan dapat menekan angka kecelakaan kerja.

“Kita berhasil mendapatkan penghargaan yang diterima KPI RU Kasim pada WISCA 2023 yaitu Level Gold (Proactive) untuk Who Has Implemented Safety Culture Program Withim Their Organization and Achieves 4 start Gold,” ungkapnya.

Selama ini PT KPI RU Kasim telah menerapkan banyak program terkait K3, seperti Grand Safety Talk, Tool Box Meeting, Mindset and Culture Day, dan lain sebagainya. PT KPI RU Kasim juga terus menerapkan Corporate Life Saving Rules (CLSR) dan HSSE Golden Rules dalam setiap kegiatan,ini semua untuk menumbuhkan kesadaran akan budaya HSSE dalam setiap aktifitas kita.

“Semoga penghargaan yang diraih menjadi penyemangat bagi kita untuk terus menerapkan budaya safety di lingkungan kerja, sehingga tercipta lingkungan kerja yang aman.” tutup Yusuf Mansyur