Berita

68 Peserta Calon Anggota KPU Papua Barat Daya Jalani Tes Tertulis

×

68 Peserta Calon Anggota KPU Papua Barat Daya Jalani Tes Tertulis

Sebarkan artikel ini
calon anggota KPU Papua Barat Daya saat menjalani tes CAT di SMKN 1 Sorong. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Calon Anggota KPU Papua Barat Daya mengikuti tes tertulis berbasis komputer (Computer Assisted Tes/CAT) di SMK Negeri 1 Sorong, Senin (6/3/2023).

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon anggota KPU Papua Barat Daya, Pdt. Dr. Thomson F. E Elias mengatakan bahwa dari 69 peserta hanya 1 peserta yang berhalangan hadir.

“Tes dimulai pukul 10.00 WIT. Ada 100 soal pilihan ganda dan 5 soal essay yang dikerjakan. Dari 69 hanya 1 orang yang tidak hadir karena alasan pribadi,”ujarnya.

Disinggung terkait jenis soal yang diberikan, Thomson menjelaskan bahwa soal-soal tersebut bersifat rahasia karena langsung dari KPU RI.

“Kami tidak tahu, yang pasti terkait PKPU dan peraturan perundang-undangan. Itu ujian langsung dari pusat, makanya dari pihak KPU RI ada sekitar 3 orang yang datang dan mereka yang membuka segel soal. Di dalamnya ada flashdisk, itu pun disegel. Jadi tidak akan ada indikasi kebocoran soal,”jelasnya.

Selain itu, hasil atau nilai dari tes tertulis dan akan digabungkan dengan tes psikologi hingga menyisakan 20 nama terbaik.

“Setelah kedua tes tersebut dilasanakan, bakal calon akan menjalani tes kesehatan dan wawancara. Informasi terakhir masih dibuat di pusat, rencana TNI Angkatan Darat yang menjadi tempat pelaksanaannya,”terangnya.

Kemudian, sambung Thomson, nilai tes kesehatan dan wawancara akan digabungkan hingga menyisakan 10 nama.

“Pada tes kesehatan dan wawancara itu yang 20 besar, setelah penentuan selesai 10 akan gugur dan 10 yang akan kami kirim ke KPU RI. 10 besar yang akan kami kirim pun itu KPU RI yang tentukan siapa yang terpilih, bukan kami. Kami sifatnya hanya administrasi, mengirimkan nama yang menurut kami layak,”pungkasnya.