Telkom Lakukan Pemeliharaan Jaringan Ruas Sorong-Merauke

Kepala Kantor Telkom Merauke, Jitzak Ninef.Foto-ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dalam rangka menjaga kualitas layanan Telkom tetap optimal untuk masyarakat Papua, PT Telkom berencana melakukan pemeliharaan rutin pada jaringan kabel laut sekitar tanggal 20 atau 21 Februari 2023.

Pemeliharaan akan berlangsung selama tujuh hari, yang akan berdampak terhadap menurunnya kualitas layanan kepada pelanggan di beberapa daerah seperti Merauke, Timika, dan Kaimana.

General Manager PT Telkom Witel Papua Agus Widhiarsana melalui Kepala Kantor Telkom Merauke, Jitak Ninef mengatakan, pemeliharaan harus dilakukan setelah diidentifikasi adanya kondisi shunt fault atau terjadi luka di titik yang berjarak 107 Km dari Merauke dan berada di kedalaman 33 meter, pada kabel SKKL SMPCS ruas Merauke-Sorong yang berpotensi mengakibatkan jaringan dapat terputus jika tidak segera dilakukan perbaikan.

“PT Telkom menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh pelanggan yang terkena dampak perbaikan Sistem Komunikasi Kabel Laut/SKKL SPMCS Ruas Sorong-Merauke. Telkom berupaya maksimal agar proses berjalan tepat waktu dan diharapkan kondisi cuaca mendukung dalam pelaksanaannya,” kata Jitzak, Kamis (16/2/2023) di Merauke.

Lebih lanjut disampaikan, Telkom telah menyiapkan link backup melalui Radio dan Fiber Optik Palapa Ring Timur serta Satelit agar pelanggan dapat menggunakan layanan Telkom dengan bandwidth yang terbatas selama kegiatan perbaikan berlangsung.

Adapun dampak yang dialami pelanggan adalah menurutnya kualitas jaringan, hanya bisa untuk chat Whatsapp, sementara pengiriman video belum bisa dalam kurun waktu pemeliharaan.

<