Selesaikan Masalah di Pasar Mardika, Pemkot Ambon Libatkan TNI dan Polri

PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena bersama Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, saat berkunjung ke Pasar Mardika, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Jumat (17/2/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena menegaskan, permasalahan yang saat ini terjadi di Pasar Mardika, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, tidak bisa terselesaikan tanpa sinergitas antar Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan TNI/Polri.

“Ini yang saya katakan, jika pemkot tidak bisa sendiri. Kita tidak akan mampu menyelesaikan sendiri kita butuh dukungan, support, kerja, kolaborasi, dan sinergitas dengan seluruh elemen termasuk TNI/Polri, teristimewa dalam hal keamanan dan ketertiban,” kata dia, usai melakukan kunjungan ke Pasar Mardika, (Jumat, 17/2/2023).

Menurutnya, pemantauan yang dilakukan tersebut, bertujuan untuk melihat lebih dekat keadaan pasar yang menjadi primadona di kota ini, sehingga permasalahan-permasalahan yang selama ini meresahkan warga di Ibukota Provinsi ini, dapat tertangani dengan baik.

“Pemkot berterimakasih, dan memberikan apresiasi yang tinggi atas kepedulian Kapolda, Kapolresta dan jajarannya, untuk melihat hal ini. Kita akan konsultasi segala hal dalam rangka menjamin tugas kepolisian di sini, untuk memberikan rasa aman, rasa nyaman kepada seluruh masyarakat,” pungkas Wattimena.

PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena saat berbincang-bincang dengan pedagang di Pasar Mardika, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon. Foto-Ist/TN

Sementara itu, Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif yang juga melaksanakan kunjungan lokasi pasar mengungkapkan, sudah ada progres, terkait dengan sejumlah keluhan yang disampaikan masyarakat.

Guna mempertahankan keamanan dan kenyamanan masyarakat, kata Kapolda, maka dalam waktu dekat akan dibangun pos pelayanan terpadu.

“Dalam satu minggu ini sudah ada orang yang kita tangkap termasuk ke penadahnya, sampai ke orang-orang yang mungkin ada kaitannya. Tidak boleh ada kejahatan lagi di sini. Dan dalam waktu dekat, kita juga akan mendirikan pos pengamanan TNI/Polri, yang didalamnya ada Bhabinsa, dan Babinkamtibmas, untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat,” tutup Latif.

Kunjungan tersebut dilakukan PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisutta, bersama dengan Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif yang didampingi oleh Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Kombes Pol Raja Arthur Lumongga Simamora, bersama jajarannya, dan juga pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis lingkup pemkot.

Kunjungan dengan turun langsung bertujuan untuk melihat keadaan pada Terminal Mardika A1, dan A2, serta memantau progres pengerjaan revitalisasi pasar gedung putih, serta melihat situasi Pasar Ikan Arumbai.

<