Berita

Perjalanan Kapolda Jambi ke Kerinci Disebut Sebagai Undangan, Bukan Pengamanan JK

×

Perjalanan Kapolda Jambi ke Kerinci Disebut Sebagai Undangan, Bukan Pengamanan JK

Sebarkan artikel ini
Salah satu korban kecelakaan helikopter yang ditumpangi rombongan Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, Minggu (19/2/2023). Foto: tangkapan layar.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Juru bicara Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 Jusuf Kalla (JK), Husain Abdullah menanggapi informasi yang mengaitkan perjalanan Heli Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono beserta rombongan, pada hari minggu 19 Februari 2023 dengan pengamanan kedatangan JK di Jambi.

Menurut Husain, kegiatan pengamanan JK, baik di dalam maupun di luar negeri semua dalam otoritas Paspampres dalam hal ini Paspampres Grup D. Adapun kaitannya dengan institusi lain termasuk kepolisian atau TNI biasanya bersifat koordinasi saja.

Untuk itu, Husain meluruskan jika perjalanan Helikopter kapolda Jambi dalam kapasitas sebagai undangan Pak JK bukan pengamanan.

Ia menjelaskan, awalnya rombongan rencana berangkat bersama dari Jakarta. Namun, karena harus mengikuti kegiatan lain, sehingga Kapolda Jambi, Irjen Pol. Rusdi Hartono tak berangkat bersamaan.

“Untuk pengamanan Pak JK baik di dalam maupun di luar negeri berada dalam otoritas Paspampres group D. Adapun institusi lain biasanya hanya bersifat koordinasi saja, tidak ada korelasi langsung dengan kedatanga JK hari ini di Kerinci,” ujar Husain melalui pesan singkat, Senin (20/2/2023).

Husain menjelaskan bahwa kunjungan JK ke Jambi pada Senin 20 Februari 2023 dalam rangka mengunjungi PLTA Kerinci di Jambi. Untuk kegiatan tersebut, JK mengundang Gubernur Jambi, Al-Haris dan Kapolda Jambi untuk meninjau proyek PLTA Kerinci yang merupakan bagian dari proyek strategis nasional.

“Hari ini Pak JK memang melakukan kunjungan ke PLTA Kerinci di Jambi. Untuk itu, Pak JK mengundang Gubernur Jambi dan Kapolda setempat untuk bersama sama meninjau, karena PLTA proyek strategis nasional. Proyek energi terbarukan ini oleh pemerintah diharapkan percepatan penyelesaian dengan makin dibutuhkannya pasokan energi terbarukan,” ungkap Husain.

Ia menambahkan terkait perjalanan Heli Kapolda Jambi beserta rombongan adalah dalam rangka peresmian Sentra Pelayanan Polres Kerinci.

“Kebetulan di saat yang sama Kapolda Jambi akan meresmikan Sentra Pelayanan Terpadu Polres Kerinci. Sebagai pejabat Kapolda yang baru, beliau sekalian rencana menghadiri undangan tersebut menyertai Gubernur Jambi ke PLTA Kerinci,” imbuh Husain.

Husain juga menjelaskan bahwa pada awalnya Kapolda Jambi dijadwalkan untuk berangkat bersama rombongan dari Jakarta, pada senin 20 Februari 2023. Namun Kapolda Jambi memutuskan berangkat sendiri karena adanya kegiatan lain.

Atas musibah kecelakaan Heli yang dialami kapolda Jambi di Hutan Kerinci, Husain menyampaikan JK merasa prihatin dan berharap semua korban luka dapat segera pulih kembali.

“Pak JK menyampaikan rasa prihatin yang mendalam atas musibah tersebut. Dan berharap semua korban segera pulih serta kembali beraktifitas,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *