Berita

KPU Selatan Papua Ikuti Peluncuran Kirab Pemilu 2024

×

KPU Selatan Papua Ikuti Peluncuran Kirab Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Peserta peluncuran kirab Pemilu 2024 secara virtual di KPU Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM. MERAUKE – Segenap jajaran KPU seluruh Indonesia dan 18 Partai Politik (Parpol) Nasional serta 6 Parpol Lokal Aceh mengikuti peluncuran Kirab Pemilu Tahun 2024 Setahun Menuju Hari Pemungutan Suara pada 14 Februari 2024, Selasa (14/2/2023).

1727
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

KPUD Provinsi Papua Selatan dan Kabupaten Merauke sendiri melibatkan seluruh Forkopimda, Partai Politik, TNI dan Polri di Sekretariat bersama KPU Merauke guna ikut menyaksikan secara virtual dengan pusat pelaksanaan di KPU RI.

“Bendera kirab akan tiba di Merauke pada tanggal 24 nanti. Dimulai dari KPU Provinsi Papua, dilanjutkan ke Kota Jayapura, Keerom, Kabupaten Jayapura dan kemudian ke PPS Kabupaten Merauke,” terang Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze usai mengikuti virtual.

Selama tiga hari pelaksanaan kirab akan dilakukan di Merauke, sekaligus sosialisasi pendidikan pemilih dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih serta sosialisasi Partai Politik yang lolos sebagai peserta Pemilu 2024 yaitu 18 Parpol Nasional.

Kemudian bendera akan dilanjutkan ke Jayawijaya, Wamena, lalu menuju Nabire, dan Papua Barat sampai akhirnya kembali ke Jakarta tanggal 25 November 2023.

Tema yang diusung, ‘Kirab Pemilu Sebagai Sarana Integritas Bangsa,’ diartikan bahwa dalam tahapan Pemilu yang sudah maupun yang akan dilaksanakan dapat menghasilkan suatu hasil maksimal. Artinya bertindak transparan dan konsisten, jaga martabat dan tidak melakukan hal-hal yang tercela dan bertanggungjawab atas hasil kerja untuk menghasilkan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.