Berita

KPB Pastikan Kawal Bawaslu hingga Pemilu, Guna Cegah Kecurangan

×

KPB Pastikan Kawal Bawaslu hingga Pemilu, Guna Cegah Kecurangan

Sebarkan artikel ini
Komunitas Pemilu Bersih (KPB) usai menyatakan sikap pengawalan Pemilu 2024 di Kantor Formappi, Matraman, Jakarta Timur, Senin (27/2/2023). Foto: Mohammad Ivan/TN.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Komunitas Pemilu Bersih (KPB) menyatakan akan terus mengawal proses pemilihan umum (pemilu) 2024, guna mewujudkan pemilu bersih dan berintegritas tanpa adanya kecurangan serta intimidasi kepada lembaga kewenangan maupun peserta dan pemilih.

Dalam pernyataan resminya, KPB menyebut peran Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu, hingga Dewan Kehirmatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) saat ini genting, mengingat peran mereka sebagai garda terdepan untuk menciptakan demokrasi yang sehat dan berkualitas.

“Penyelenggara pemilu, KPU, Bawaslu dan DKPP harus memastikan kembali kemandirian dan independensi seluruh kesiapan teknis penyelenggaraan tahapan pemilu serentak 2024 terhindar dari praktek manipulasi dan korupsi,” tulis keterangan resmi, dikutip TeropongNews, Senin (27/2/2023).

KOB juga berpesan kepada peserta dan pemilih untuk berhati-hati dalam menerima informasi pemilu 2024. Pemilih juga diharuskan mengetahui seluruh tahapan pemilu dari awal hingga akhir.

“Pemilih dan seluruh elemen terkait harus bersinergi untuk mencegah praktik politik uang, penyalahgunaan kekuasaan, penyebaran hoaks, ujaran kebencian dan tindakan melanggar hukum atau provokatif,” paparnya.

KPB berharap dengan kedepannya tidak ada lagi kasus praktik kecurangan pada saat pemilu berlangsung.

Adapun KPU telah menetapkan jadwal pemungutan suara dan perhutungan Pemilu pada 14-15 Februari 2024.