Berita

Tujuh Kampung di Merauke Akan Dibangun Rumah Layak Huni

×

Tujuh Kampung di Merauke Akan Dibangun Rumah Layak Huni

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Merauke, Yohan Makaba Rantepadang.Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Tujuh kampung di Kabupaten Merauke akan mendapatkan bantuan rumah layak huni tipe 45. Bantuan ini dikhususkan bagi orang asli Papua (OAP) dari dana Otonomi Khusus (Otsus) senilai 19,5 miliar.

Masing-masing kampung akan dibangun 3-5 rumah dengan nilai per unit senilai Rp 300-500 juta, tergantung dari jarak dan letak kampung yang berada di Distrik Ilwayab, Kimam, Elikobel, Kurik, dan Anim Ha.

“Kita masih menunggu DPA (Dokumen Pelaksana Anggaran) turun, mudah-mudahan dalam minggu ini,” terang Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Merauke, Yohan Makaba Rantepadang, Selasa (24/1/2023).

3655
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Dikatakan, bantuan yang sudah diberikan tahun sebelumnya terpantau dimanfaatkan dengan baik oleh penerima atau masyarakat di kampung-kampung. Sebab, dana Otsus memang hanya dikhususkan untuk OAP.

Sebelumnya, di tahun 2022 terdapat bantuan 25 unit perumahan swadaya bagi masyarakat di Kampung Kumbe. Puluhan rumah tipe 36 itu merupakan bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementrian PUPR Dirjen Perumahan Rakyat senilai 29 juta/unit dan sharing dari APBD Merauke senilai 71 juta/unit sehingga totalnya 100 juta untuk satu unit.