Berita

Kendalikan Inflasi, Dinas Ketahanan Pangan Kalsel Berpartisipasi Gelar Pasar Murah

×

Kendalikan Inflasi, Dinas Ketahanan Pangan Kalsel Berpartisipasi Gelar Pasar Murah

Sebarkan artikel ini
Kegiatan pelaksanaan pasar murah di Pondok Pesantren Darusallam, Kabupaten Banjar, Selasa (17/1/2023). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJAR – Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ikut berpartisipasi pada pelaksanaan pasar murah di Pondok Pesantren Darussalam, Kabupaten Banjar.

Pelaksanaan pasar murah dalam rangka menjelang Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul, sekaligus pengendalian inflasi di Kalsel.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel, Syamsir Rahman mengatakan, pelaksanaan pasar murah ini sesuai dengan intruksi Gubernur Kalsel untuk pengendalian inflasi.

“Mudah-mudahan dengan pelaksanaan pasar murah yang terdiri dari Dinas perdagangan, Dinas Holtikultura dan Tanaman Pangan, Dinas Ketahanan Pangan, distributor dan Kabupaten Banjar dapat membantu masyarakat kita dalam keadaan kesusahan,” kata Syamsir di sela-sela pelaksanaan pasar murah, di Banjar, Selasa (17/1/2023).

Menurutnya, pada pasar murah kali ini, pihaknya menjual bahan pokok dibawah harga pasar seperti, minyak goreng, gula, telur ayam, beras, bawang merah, bawang putih dan lainnya.

5071
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Jadi, kita jual bahan pokok di bawah harga pasar. Apalagi harganya begitu jauh turunnya. Misalkan, harga bawah goreng merah Rp 30 ribu menjadi Rp 20 ribu saja. Bawang putih goreng dari harga Rp 15 ribu menjadi Rp 10 ribu, bahkan menjadi Rp 5 ribu,” ujarnya.

Ia berharap, pasar murah ini tidak hanya di Kabupaten Banjar saja, namun daerah lain juga mengadakan pasar murah.

“Ini juga sesuai dengan arahan Gubernur, bahwa pengendalian inflasi terus kita laksanakan paling tidak di enam bulan pertama,” ungkapnya.

Selain pasar murah, Dinas Ketahanan Pangan Kalsel juga mendatangkan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP), yang nantinya dibagikan secara gratis kepada masyarakat sekitar Kabupaten Banjar sebanyak 1.560 bungkus.

“Nanti ada satu truk membawa beras CPP untuk dibagikan. Beras gratis ini, sebagai bentuk wujud pemerintah dalam masyarakat,” kata dia.

Sementara itu, Syahril warga Desa Keramat Kabupaten Banjar menyambut baik dengan adanya pasar murah ini.

“Kami sangat menyambut baik kegiatan ini. Ini sangat membantu kami. Apalagi bahan pokok di pasaran banyak yang naik. Di pasar murah ini, harga bahan pokok dijual jauh lebih murah dibanding di pasar,” bebernya.

Ia berharap pasar murah ini terus dilaksanakan rutin satu kali dalam sebulan, untuk membantu masyarakat ke bawah dalam rangka memenuhi kebutuhan bahan pokok.

“Diharapkan pasar murah ini terus diadakan untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok masyarakat,” pungkasnya.