Berita

Jelang Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul, Warga Keramat Bersih-bersih Kampung

×

Jelang Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul, Warga Keramat Bersih-bersih Kampung

Sebarkan artikel ini
Warga Desa Keramat, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar bergotong royong bersih-bersih kampung. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJAR – Menjelang pelaksanaan Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul yang akan dilaksanakan pada 26 Januari 2023, warga Desa Keramat Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar bergotong royong bersih-bersih kampung.

1241
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kepala Desa Keramat, Said Syeh mengatakan, gotong-royong telah dilakukan sejak Jumat (13/1) lalu, dan akan berlanjut hingga puncak pelaksanaan haul.

“Alhamdulillah persiapan di desa telah siap, dan masyarakat pun demikian dengan bergotong royong membersihkan kampung, memasang umbul-umbul, lampu serta dapur pria dan wanita,” ujar Said kepada wartawan, di Banjar, Kamis (19/1/2023).

Relawan dari desa pun, lanjut Said, telah siap untuk bersinergi dengan relawan kampung lainnya, guna menyukseskan pelaksanaan Haul Akbar Abah Guru Sekumpul yang dilaksanakan di jalan Kertak Baru kampung Keramat.

Menurutnya, antusias warga kampung Keramat cukup tinggi menyongsong pelaksanaan haul tersebut. Selain berpartisipasi membersihkan kampung, sejumlah lokasi untuk parkir serta dermaga pun disiapkan.

Tidak hanya itu, akses untuk jalan VIP juga akan dilakukan pembenahan penerangan, dan perbaikan jalan yang berlubang.

Instansi terkait seperti Dinas Sosial dan Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), serta instansi lainnya akan turut bersinergi memfasilitasi untuk menyukseskan haul ulama kharismatik di Kalsel, Abah Guru Sekumpul.

Sementara untuk penerangan yang dimaksud, pihak PLN Kalselteng akan memberikan bantuan, dan nantinya akan dipasang sumber energi di beberapa titik. PLN juga telah memastikan tidak ada pemadaman listrik dari sepekan sebelum haul hingga puncak pelaksanaan.

“Terkait pemadaman kita sudah kondisikan, sebelum acara kami akan melakukan pemeliharaan secara online jadi tidak ada pemadaman, kemudian persiapan kami juga sudah sejak awal namun kami meminta disediakan lokasi untuk peralatan backup kami,” kata Tukiyo dari PT PLN Kalselteng.