Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Di Ambon, Tinggal Delapan Negeri Belum Memiliki Raja Definitif

×

Di Ambon, Tinggal Delapan Negeri Belum Memiliki Raja Definitif

Sebarkan artikel ini
PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M, Wattimena. Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Hingga saat ini, ada sekitar delapan negeri adat di Kota Ambon, yang belum memiliki Raja definitif. Delapan negeri tersebut antara lain, Negeri Amahusu, Naku, Tawiri, Hative Besar, Rumah Tiga, Passo, Seilale, dan Batu Merah.

PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M, Wattimena mengatakan, sampai dengan saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sementara berupaya untuk menyelesaikan permasalahan dimaksud.

Example 300x600

“Mudah-mudahan lewat pelantikan Raja Negeri Laha hari ini, akan memberikan dampak positif kepada delapan negeri lainnya, sehingga dapat segera diproses penetapan kepala pemerintahan,” ungkap Wattimena, di kantor Negeri Laha, Kamis (5/1/2023).

Menurutnya, Pemkot Ambon tidak menargetkan kapan persoalan, terkait dengan penetapan raja defenitif bisa diselesaikan. Pasalnya, pemilihan raja ini merupakan hal internal yang harus diselesaikan masyarakat adat, agar di kemudian hari tidak ada permasalahan yang berkepanjangan, terkait dengan pemilihan kepala pemerintahan negeri adat tersebut.

“Kita hanya memfasilitasi, dan mengarahkan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, untuk memutuskan siapa yang tepat untuk menjadi Raja. Dan raja itu adalah, masyarakat adat itu sendiri. Saya kira seperti itu,” tegas Wattimena.

Dia mengaku, dalam waktu dekat, pihaknya juga akan melakukan pertemuan dengan salah satu negeri adat yakni Naku, guna melakukan perembukan untuk memilih siapa yang tepat untuk menjalankan tugas selaku kepala pemerintahan.

“Saya akan bertemu dengan tokoh masyarakat, dan tokoh adat pada hari Selasa ini. Saya berharap, seluruh proses yang telah dilakukan bisa disepakati bersama, sehingga dalam bulan ini kita bisa lantik raja Negeri Naku, dan selanjutnya diikuti oleh negeri-negeri lainnya,” harap Wattimena.

Untuk diketahui, selama kurang lebih tujuh bulan menjabat sebagai PJ Wali Kota Ambon sejak Mei 2022 lalu, Wattimena telah melantik tiga orang raja defenitif, yakni Raja Latuhalat, Urimessing dan Laha.

Example 300250
Example 120x600