Berita

SKK Migas-Petrogas Hadirkan Program Kesehatan di Salawati Tengah, Sasar Balita dan Lansia

×

SKK Migas-Petrogas Hadirkan Program Kesehatan di Salawati Tengah, Sasar Balita dan Lansia

Sebarkan artikel ini
Pemeriksaan kesehatan terhadap balita dalam bagian program Peningkatan Kualitas Gizi bagi Balita. (Foto: IST/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – SKK Migas-KKKS Petrogas (Island) Ltd bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong dan Puskesmas Sailolof melaksanakan Program Pengembangan Masyarakat (PPM) Bidang Kesehatan di Distrik Salawati Tengah.

Kegiatan PPM tersebut dilakukan di Gedung Serbaguna Distrik Salawati Tengah Kabupaten Sorong, Sabtu 26 Maret 2022.

Field Operation Manager Petrogas (Island) Ltd., Mustaman menyerahkan dukungan alat kesehatan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sorong, dr. Ronney Kalesaran. (Foto:Ist/TN)

Antusiasme masyarakat dari Kampung Waliam, Waiman dan Waibin terlihat berdatangan ke Gedung Serbaguna Distrik Salawati Tengah.

3580
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Mereka datang untuk secara aktif berpartisipasi dalam kegiatan Kesehatan yang merupakan bagian dari Program Penunjang Operasi (PPO) di wilayah kerja Petrogas (Island) Ltd di Lapangan.

Dalam pelaksanaan kegiatan PPM Bidang Kesehatan kali ini, dilakukan dua kegiatan, pertama Program Dukungan Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM) dan kedua Peningkatan Kualitas Gizi bagi Balita, Ibu Hamil dan Lansia.

Kedua program Kesehatan yang dilaksanakan difokuskan untuk pemeriksaan kesehatan masyarakat sendiri ataupun balita mereka.

Bupati Sorong Johny Kamuru yang diwakili oleh Staff Ahli Bupati bidang Hukum & Politik, Mustika Beaduri, menyampaikan apresiasinya atas dilaksanakannya kegiatan PPM Kesehatan ini.

“Terima kasih kepada Petrogas (Island) Ltd. atas terlaksananya kegiatan ini. Petrogas (Island) Ltd. tidak hanya mendukung dalam bidang kesehetan saja, tetapi juga dalam bidang pendidikan, infrastruktur, dan beberapa program-program strategis lainnya,” Ujar Mustika.

Pada kesempatan lainnya, Kepala SKK Migas Perwakilan Wilayah Papua dan Maluku Subagyo, menyampaikan bahwa seluruh kegiatan PPM yang dilakukan oleh KKKS di wilayah Papua Barat merupakan bagian dari bentuk Program Pendukung Operasional (PPO) untuk kelancaran di Lapangan.

“Sinergitas kegiatan industri hulu migas bersama dengan Pemerintah Daerah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pentingnya kelancaran operasional yang didukung oleh masyarakat di sekitar daerah operasional”, tutup Subagyo.

Field Operation Manager Petrogas (Island) Ltd., Mustaman berharap dengan dilaksanakannya PPM Bidang Kesehatan ini dapat membantu dan mendukung program Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, khususnya yang berada di sekitar wilayah operasi.

“Petrogas (Island) Ltd. terus berupaya dan memperhatikan kondisi masyarakat di sekitar wilayah operasi, dengan menjalankan kegiatan-kegiatan PPM, di antaranya PPM Bidang Kesehatan ini,” terangnya.

Selain melaksanakan dua program dukungan kesehatan, Petrogas (Island) Ltd. juga menyampaikan secara simbolis dukungan bantuan bagi Puskesmas Salawati Selatan (Sailolof) berupa peralatan beserta stik untuk pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan asam urat, serta paket makanan tambahan dan susu.

Kepala Kampung Waliam, Frits Mugule menyampaikan terima kasihnya atas terlaksananya kegiatan ini. “Kegiatan ini sangat bagus dan luar biasa karena dapat membantu masyarakat di Kampung saya, yang tadinya mereka tidak tahu jika mereka punya penyakit, namun karena mengikuti kegiatan ini mereka jadi tahu penyakit mereka seperti apa, ” katanya.

Sementara, Kepala Puskesmas Sailolof, Zihan Thamrin, merasa terbantu dengan adanya kegiatan Peningkatan Kualitas Gizi Bagi Balita, Ibu Hamil dan Lansia.

“Ini adalah kali pertama kami melayani banyak ibu hamil dan balita. Untuk Pemberian Makanan Tambahan, akan menjadi catatan tersendiri bagi kami untuk digunakan sebagai contoh ke depannya,” katanya.

Salah satu peserta pemeriksaan kesehatan dari Kampung Waiman menyampaikan manfaat kegiatan tesebut.

“Dengan adanya kegiatan PTM ini, kami bisa tahu kondisi gula darah, kolesterol, asam urat, dan kondisi kesehatan lainnya,”ujar Jot Sokoi.