Bupati Merauke, Romanus Mbaraka. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Bupati Merauke Romanus Mbaraka melakukan pertemuan dengan distributor pupuk bersama para kepala kampung di daerah Tanah Miring Merauke, Jumat (7/1/2022).

<

Dia menyebut, jika dilihat dari luas lahan, Kabupaten Merauke masih membutuhkan tambahan kuota pupuk dari total kuota pupuk untuk Merauke yakni 9.786 ton tahun 2022. Sehingga pembahasan kali ini menyepakati kebijakan untuk diambil dari dana kampung dan dana APBD guna mensuplay kebutuhan petani dalam hal pemenuhan pupuk di Merauke.

“Kita masih hitung dulu yang disalurkan sekarang dan yang masih dibutuhkan rakyat,” terang Romanus Mbaraka kepada wartawan.

Berdasarkan hasil konsultasinya dengan keuangan dan Depdagri, dana kampung juga bisa dipakai untuk kebutuhan pupuk. Berdasarkan hasil konsultasi tersebut, maka sebagai pimpinan daerah berani mengambil langkah agar para Petani Merauke tidak kesulitan untuk mendapatkan pupuk.

Namun demikian, pemerintah tetap mengkawal harga pupuk nonsubsidi sehingga penjualannya tidak melampaui batas. Sedangkan dari 9. 786 ton kuota pupuk untuk Kabupaten Merauke tahun 2022 akan segera didistribusikan ke tingkat petani. “Kita upayakan besok realisasi pupuk sudah bisa jalan,” ujarnya.

Berita lain untuk anda