Berita

Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Kota Sorong, BMKG : Waspada Gempa Susulan

×

Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Kota Sorong, BMKG : Waspada Gempa Susulan

Sebarkan artikel ini

TEROPONGNEWS.COM,SORONG- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi dengan Magnitudo (M) 5,5 mengguncang kota Sorong, Minggu 19 Desember 2021 sekitar pukul 3.26 WIT.

Gempa tersebut terasa tiga kali oleh warga kota Sorong. BMKG mengimbau agar warga senantiasa waspada dengan adanya gempa susulan.

Sementara itu, dari analisisa BMKG, gempa berada di lokasi 35 KM laut kota Sorong- Papua Barat. Koordinat gempa yakni 0,3 Lintang Selatan (LS) dan 131.49 Bujur Timur (BT).

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar geser mendatar, ” demikian keterangan resmi BMKG, Minggu 19 Desember 2021.

BMKG mengatakan pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer. Kendati demikian, Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Masyarakat juga dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Hindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah, “imbau BMKG.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *