Peresmian penggunaan sarana air bersih di Kampung Kindiki yang dibangun oleh PT. BIA dengan pemotongan pita. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Masyarakat Kampung Kindiki Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke boleh menikmati manfaat Kehadiran PT. Bio Inti Agrindo (PT. BIA) melaui program cooporate social responsibility (CSR)nya. Kali ini, Kampung Kindiki telah dibangun sarana air bersih berupa sumur bor guna memenuhi kebutuhan air bagi warga setempat.

Pengadaan sumur ini sangat membantu dan disambut gembira olah masyarakat kampung, sebab sebelumnya, mereka harus menempuh jarak sekitar 3 Km untuk mengambil air bersih. Melalui program CSR PT. BIA ini mampu menjawab kerinduan masyarakat yang sudah lama dinantikan. Dampak investasi dari kehadiran PT. BIA benar-benar bermanfaat bagi masyarakat sekitar perusahaan.

“Selama ini akses untuk mengambil air bersih mencapai sekitar 3 Km dari perumahan warga. Namun saat ini masyarakat bisa menikmati air bersih secara langsung dari masing-masing perumahan,” ujar General Manager PT. BIA Ir. Yanto Dawenan, Rabu (24/11).

Yanto Dawenan mengatakan, pembangunan sarana air bersih ini dilakukan setelah PT. BIA diundang mengikuti Musrembang Tingkat Kampung pada waktu lalu dan dalam Musrembang tersebut, masyarakat kampung meminta PT. BIA untuk membangun sarana air bersih.

Sarana air bersih yang dibangun PT. BIA susah bisa dimanfaatkan masyarakat Kampung Kindiki. Foto-Ist/TN

Permintaan tersebut langsung ditindaklanjuti oleh perusahaan kelapa sawit ternama itu dengan melakukan survey lapangan tanggal 6-7 Mei 2021. Kemudian, mulai dilakukan pekerjaan pada 22 September, dan berkat dukungan masyarakat setempat yang juga dilibatkan dalam pekerjaan pembangunan, maka pada tanggal 22 November 2021 sarana air bersih dapat diserahkan kepada masyarakat Kampung Kindiki yang terdiri dari 91 KK dan 455 jiwa.

Penyerahan sarana air bersih dihadiri Presiden Direktur PT. BIA, Kong Byoung Sun dihadiri pula Kapolsek Muting, kepala kampung, tokoh masyarakat, perwakilan Managemen PT.BIA dan masyarakat Kampung Kindiki.

Kepala Kampung Kindiki, Fabianus Y. Kaize mewakili warganya menyampaikan terima kasih atas perhatian dari PT. BIA. Ia juga mengatakan, selain sarana air bersih juga program pemberdayaan ekonomi warga turut dibantu oleh perusahaan.

Fabianus juga menyampaikan bahwa PT. BIA adalah perusahaan yang menjalankan investasi bukan hanya mencari keuntungan sendiri tetapi kehadirannya justru menopang masyarakat kampung dalam berbagai bantuan yang diberikan. Artinya, perusahaan tidak ingin maju sendiri tetapi turut memajukan masyarakat sekitar perusahaan dengan melihat dan mensupport kebutuhan dan keluhan masyarakat.

“Mudah-mudahan PT. BIA tetap melanjutkan program pemberdayaan di kampung Kindiki,” harap Fabianus.

Ungkapan kegembiraan dan penyampaian terima kasih juga disampaikan Kapolsek Muting Ipda M. Hamado kepada Presiden Direktur PT. BIA. Sekaligus ia berpesan agar masyarakat bersama-sama memakai, menjaga dan merawat fasilitas yang telah dibangun sehingga tetap bertahan untuk memenuhi kebutuhan air bersih dalam kehidupan setiap hari.

Berita lain untuk anda