Pimbak menjelaskan tentang safety penggunaan senjata pistol kepada peserta. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Pasmar 3 menggelar media gathering dengan wartawan dari berbagai media cetak, online, radio dan televisi di Mako Pasmar 3, Jl. Sorong-Klamono, kilometer 16 kota Sorong, Selasa (26/10/2021).

Pada Media gathering tersebut di awak media diajak berkeliling di sekitar Mako Pasmar 3 dengan menggunakan tank, kemudian dilanjutkan dengan lomba menembak.

awak media diajak berkeliling di sekitar Mako Pasmar 3 dengan menggunakan tank. (Foto:Mega/TN)

Dibawah Pimpinan Penembakan (Pimbak) Letda Mar Fernando, sebanyak 20 insan media yang hadir dikelompokkan menjadi 4 gelombang, dimana dalam setiap gelombang terdiri dari 5 peserta yang didampingi oleh pengawas lajur.

Pada kesempatan itu, Pimbak menjelaskan tentang safety penggunaan senjata pistol, dengan materi pengenalan jenis senjata yang akan digunakan, karakteristik senjata, cara pemegangan senjata yang baik dan benar, sikap dalam menembak, cara membuat gambar bidik dan meluruskan pisir depan dengan pejera serta mengatur nafas pada saat menembak.

Sebelum tembakan percobaan dimulai, para peserta melaksanakan latihan penggunaan senjata (drill kering), tujuannya agar para peserta dapat membuat gambar bidik tepat pada sasaran yang akan ditembak.

Dalam pelaksanaannya, setiap peserta dibekali amunisi untuk tembakan percobaan maupun tembakan pelaksanaan, dimana dalam pelaksanaan menembak para peserta diberi waktu 3 menit, dan setiap butir amonisi yang berhasil mengenai sasaran akan diberikan penilaian.

Komandan Pasmar 3, Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto, S.E dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara lomba menembak insan media Sorong Raya ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara wartawan dengan TNI AL Korps Marinir dalam hal ini Pasmar 3.

“Peran serta TNI AL khususnya Korps Marinir Pasmar 3 dengan insan media membutuhkan hubungan yang bersifat simbiosis mutualisme, sehingga akhirnya akan terbentuk persepsi yang sama khususnya dalam hal mempublikasikan kegiatan yang ada di satuan,” ucap Danpasmar 3.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI ) Sorong Raya Lexy Sitanala mengapresiasi serta mengucapkan terimakasih kepada Komandan Pasmar 3 karena telah menggelar acara media Gathering dengan merangkul para insan media di wilayah Sorong.

“Organisasi media di Sorong ada PWI dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI). Kebetulan wartawan yang hadir di sini sudah berkompeten semua. Kita tentunya tidak luput dari kesalahan, jadi ketika ada oknum wartawan yang datang ke Mako dan berniat untuk mencari celah, dan tidak jelas dari organisasinya maka pihak Pasmar berhak menolaknya, “jelas Lexy.

Dikatakan Lexy, insan pers yang baik selalu mengedepankan kode etik jurnalistik dalam melakukan aktivitas peliputan, dan selalu cek dan richek agar berita yang dimuat berimbang.

“Selama kita masih aktif dalam dunia wartawan, tentunya harus selalu melakukan cek dan ricek agar tidak merugikan salah satu pihak,” pungkasnya.

Berita lain untuk anda