Berita

Kesbangpol Kaimana akan Tertibkan Organisasi Tanpa Status

×

Kesbangpol Kaimana akan Tertibkan Organisasi Tanpa Status

Sebarkan artikel ini
Kepala kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Keabangpol) Kaimana, Jafar Werfete foto emos/TN

TEROPONGNEWS.COM, KAIMANA- “Setiap Organisasi Kemasayarakatan yang ada di kabupaten kaimana, harus mempunyai legal standing yang jelas atau telah terdaftar secara resmi dari pusat hingga ke daerah, sehingga tujuan dari organisasi itu sendiri, berjalan secara baik serta dapat dipertangungjawabkan”.

1556
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Demikian disampaikan kepala kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Keabangpol) Kaimana, Jafar Werfete saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (21/9/2021).

Dikatakan, semua organisasi kemasyarakatan yang ada di Kaimana, harus terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, jika tidak mau dianggap illegal. Karna menurutnya organisasi-organisasi yang ada saat ini, banyak yang bermunculan, tetapi jika dilihat didalam daftar organisasi yang telah terdaftar secara resmi, tidak sebanyak yang ada saat ini.

“Organisasi-organisasi ini muncul seperti jamur yang tumbuh di musim hujan, jadi pembentukan organisasi ini ada aturan jangan sampai disebut organisasi tanpa bentuk, itu kan tidak boleh karna itu ada undang undang Ormas, oleh sebab itu semua organisasi dalam bentuk apapun harus dibentuk dan didaftarkan”, tegasnya.

Dijelaskan, ketentuan tersebut merupakan konsideran yang diatur dalam undang undang, tentang organisasi kemasyrakatan, sehingga setiap ormas yang ada diakui keberadaanya oleh pemerintah.

“ Biasanya kalau organisasi Nasional, secara struktural telah didaftarkan, jadi mereka hanya melaporkan keberadaan mereka dikaimana, jadi organisasi Nasional itu mereka sudah terdaftar secara Nasional”, tambahnya.