Puskesmas Ayamaru kabupaten Maybrat melakukan pemeriksaan pertumbuhan kesehatan fisik anak usia sekolah di SMA Negeri 1 Ayamaru

TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT – Puskemas Ayamaru melakukan kegiatan penjaringan kesehetan anak usia sekolah di SMA Negeri 1 Ayamaru kabupaten Maybrat, Papua Barat, Jumat,(20/8/2021).


Pjs.Kepala Puskesmas Ayamaru, Eda Tulaseket, Amd. Keb menjelaskan, tujuan kegiatan penjaringan kesehatan anak usia sekolah dalam rangka pertumbuhan kesehatan fisik anak usia sekolah meliputi pemeriksaaan berat badan, tinggi badan, tekanan darah, dugaan kelainan jantung, pemeriksaan kulit, kelainan kulit, kuku, mulut, gigi dan telinga pada siswa SMAN 1 Ayamaru.

“Cara membaca hasil tekanan darah semua orang pasti ingin memiliki tekanan darah normal agar terhindar dari berbagai penyakit kronis, terutama penyakit jantung. Oleh karena itu, sekarang ini banyak orang yang sengaja membeli alat ukur tekanan darah otomatis agar bisa mengukur tekanan darah kapan saja dan di mana saja, tanpa harus periksa ke tenaga kesehatan, kemudian saat melihat angka hasil tekanan darah apa yang anda ketahui tentang angka tersebut,”ujar Eda.

Bila anda lihat ada alat tekanan darah otomatis, terdapat dua angka besar yang tertera di sana, yaitu baris pertama dan kedua, baris pertama disebut dengan angka sistolik, sedangkan baris kedua merupakan angka diastolik, kedua angka tersebut tak sekadar angka, tetapi menggambarkan kondisi aliran darah serta fungsi jantung Anda saat itu.

Angka sistolik ketika jantung berdetak, ada dua hal yang dilakukannya, yaitu berkontraksi kemudian mendorong darah untuk dialiri ke seluruh tubuh serta mengendur yang diiringi dengan kembalinya aliran darah ke jantung dari seluruh tubuh, Angka diastolik
sedangkan angka diastolik menandakan tekanan pada jantung ketika istirahat, Ini adalah waktu di mana jantung menerima darah dari paru-paru yang berisi oksigen, darah tersebut merupakan darah yang akan dialirkan ke seluruh tubuh ketika tekanan sistolik terjadi.

Para ahli menyebutkan, jika angka sistolik yang tidak normal maka anda mungkin mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti, pembuluh darah arteri kaku, ada masalah pada katup jantung, mengalami hipertiroidisme, atau diabetes melitus. Namun, bila angka diastolik yang tidak normal, ada kemungkinan Anda terserang penyakit jantung koroner, maka segera lah konsultasi dengan dokter ahli dalam.

Eda Tulaseket, berharap kepada seluruh siswa/siswi SMAN 1 Ayamaru agar mandiri dalam menjaga kesehatannya masing masing, karena diusia sekolah seperti ini merupakan usia penentu utama bagi kesehatan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan siswa dan siswi dimasa mendatang, pastinya akan berpengaruh juga untuk masa depan, cukup sekian sosialisasi dari saya terima kasih,”tutup Eda.

Berita lain untuk anda