Program Pangan Lestari di Merauke Membuahkan Hasil

Anggota Komisi IV DPR RI, H. Sulaeman L. Hamzah bersama Anggota DPR Papua, Fauzun Nihayah. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dalam kunjungan reses di Dapil Papua, Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi NasDem H. Sulaeman L. Hamzah memantau langsung kegiatan Program Pangan Lestari (P2L) di Kabupaten Merauke.

Sebelumnya puluhan kelompok menerima bantuan dari pusat dana senilai Rp 75.000.000 per kelompok yang diperuntukan untuk tanam sayuran.

“Alhamdulillah meski baru diluncurkan, mendapat sambutan hangat oleh ibu-ibu. Mereka sangat antusias dan terbukti kebun sayurnya maju dan betul-betul menghasilkan,” terang Anggota DPR RI H. Sulaeman L. Hamzah di Rumah Aspirasi Partai NasDem Merauke, Jumat (13/08).

Secara pribadi, H. Sulaeman mengaku bangga dengan berbagai jenis sayuran yang telah dihasilkan, selanjutnya dapat dimanfaatkan oleh lingkungan masyarakat sekitarnya terutama kebutuhan imun di tengah Pandemi Covid-19.

“Hasil tanam sayur itu dijual oleh kelompok dan kembali ke kelompok,” sambung Direktur Eksekutif Rumah Aspirasi Partai NasDem H. Sulaeman L. Hamzah sekaligus Anggota DPR Papua, Fauzun Nihayah.

Lanjut katanya, kelompok ibu-ibu sudah mengalami kemajuan pesat, meski ada sebagian belum maksimal. Pasalnya, hasil tanaman sayurnya dirusaki orang mabuk.

“Kelompok yang berhasil akan mendapat penambahan bantuan senilai Rp 15.000.000 sehingga per tahun menjadi Rp 90.000.000,” ungkap Fauzun.

Secara keseluruhan program P2L di Papua terdapat 40 kelompok, dan khusus Kabupaten Merauke terdapat 27 kelompok penanam sayur baik pendatang maupun orang asli Papua.

<