Upacara Hardiknas di kabupaten Maybrat. Foto ones.

TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT- Sekda Maybrat Jhoni Way S.Hut,M.Si, bertindak sebagai Inspktur Upacara (Irup) Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei 2021 yang dipusatkan di alun-alun Vaitmayaf, Kumurkek (3/5/2021).

Pantauan media ini, hadir dalam upacara tersebut, pimpinan dan anggota DPRD kabupaten Maybrat, pimpinan OPD, ketua PGRI Maybrat serta seluruh unsur Forkopimda kabupaten Maybrat.

Sekda Jhoni Way melalui sambutan bupati Maybrat mengatakan sesuai surat edaran Mendikbud RI Nomor 27664 /MPK.A/TU/02.03/Tahun 2021 tanggal 26 April 2021 tentang pedoman pelaksanaan upacara Hardiknas RI ke 102 dan Hut Kabupaten Maybrat ke 12 pada pokoknya tatap muka, terbatas, menimalisir serta menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran pandemi Covid-19.

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) adalah hari yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia pada setiap tabggal 02 Mei, untuk memperingati kelahiran dan menghormati jasa Ki Hadjar Dewantara. Pria kelahiran Pakualaman, Yogyakarta, 02 Mei 1889, ini dikenal sebagai pencetus Taman Siswa.

Kutipannya yang terkenal, yakni “Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani”.

Artinya, di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yang baik; di tengah atau diantara murid, guru harus menciptakan ide dan prakarsa; di belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan serta arahan.

.

Berita lain untuk anda