Muin Refra: Provinsi Kepulauan Berdampak Baik Terhadap Regulasi

Ketua Fraksi Persatuan Bangsa DPRD Provinsi Maluku, Muin Refra. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Ketua Fraksi Persatuan Bangsa DPRD Provinsi Maluku, Muin Refra menyatakan, provinsi kepulauan berdampak baik terhadap regulasi, terutama meningkatkan pendapatan daerah dan sumber alam, serta pendapatan maksimal untuk daerah.

“Kami berkomitmen untuk mensuport sesuai kapasitas, kemudian menindaklanjuti agar keputusan politik ini hendaknya diwujudkan negara sebagai representasi,” kata dia kepada wartawan, di Ambon, Sabtu (29/5/2021).

Bagi pihaknya, lanjut Refra, Rancangan Undang-Undang (RUU) itu sangat penting untuk kepentingan nasional, bukan kepentingan daerah saja.

Maluku bagian dari negara ini, untuk itu Maluku juga memiliki hak setara dengan daerah lain di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Masa Aceh dan Papua saja yang diperhatikan pemerintah pusat dengan memberikan otonomi khusus, Maluku bagaimana? Nah, kemudian muncul keinginan yang sama tujuh daerah lain menuntut hak yang sama mewujudkan RUU Kepulauan, sekarang kan sudah masuk prolegnas, jadi tinggal mekanisme di mulai dari itu,” tegas Refra.