Obor Patimura dibawakan oleh para sesepu di Manokwari Papua Barat. Foto Ian.

TEROPONGNEWS COM, MANOKWARI- Acara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Patimura ke 204, tahun 2021 dilaksanakan di Manokwari Papua Barat, diawali dengan lari obor oleh patimura-patimura muda (generasi muda) yang ada di kota Manokwari, Sabtu (15/5/2021) sekira pukul 05.30 WIT.

Obor Patimura yang dibawa oleh generasi muda Maluku di Manokwari itu, secara resmi dilepas oleh bupati Manokwari Hermus Indou langsung dari taman I.S Kijne (Sinar Suri) Wosi.

Foto bersama panitia HUT Patimura ke 204 di Manokwari. Foto Ian.

Obor tersebut kemudian di bawa lari dengan rute dari Taman I.S. Kijne (Sinar Suri) melewati Jalan Baru, TL H. Bauw, selanjutnya menuju Jl. Pahlawan, lanjut Jl. Sujarwo Candranegoro, Jl. Yos Sudarso, TL. Makalaeuw dan finish di lapangan Borarsi dan langsung diterima oleh gubernur Papuw Barat, Drs. Dominggus Mandacan.

Acara HUT Kapitan Patimura (Tomas Matulessy) ke 204 yang digelar secara meriah di Manokwari dilakukan dengan sorotan Thema “Mendedikasikan Anak Muda Maluku sebagai Patimura Muda dalam Merajut Persaudaraan dan Ikatan Pela Gandong (Salam Sarane) di Tanah Rantau”.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan mengatakan, sebagaimana slogan atau semboyan identitas orang maluku, “Potong di Kuku Rasa di Daging, Ale Rasa Beta Rasa, Sagu Salempeng Patah Dua” kiranya tetap menjadi dasar berdaulatnya hidup menjaga tali persaudaraan yang tidak akan berkesudahan.

Tabur bunga di TMP Manokwari dalam rangka Peringatan HUT Patimura ke 204. Foto Ian.

“Perjuangan saat ini bukan lagi melawan penjajah dengan parang, tombak atau senjata, tetapi perjuangan di tengah era modernisasi sekarang adalah bagaimana sebagai sesama anak bangsa dapat menghormati jasa-jasa pahlawannya serta membangun dan mengembangkan pertalian sejati sesama hidup orang basudara, untuk sama-sama bakukele (bergandengan tangan) bukan bakalai (berkelahi),” ujar Dominggus Mandacan.

“Oleh karena itu melalui momentum HUT Patimura ke 204 tahun 2021 ini, saya mengajak dan menghimbau agar keluarga besar masyarakat Maluku yang berada di Manokwari agar menggelorakan kembali jiwa kepahlawanan Kapitan Patimura untuk berjuang dan berani berkorban membangun tanah Papua, khususnya Papua Barat, kota Manokwari, kota bersama, kota yang aman dan damai bagi semua,” lanjutnya dengan penuh harapan.

Gubernur Dominggus Mandacan memberikan apresiasi atas kekompakan dan semangat kerja para patimura muda yang dalam konsep terus menyatukan rasa persaudaraan anak-anak muda Maluku untuk bersama membangun Manokwari dan menjunjung tinggi rasa persaudaraan Pela Gandong dengan suku lainnya.

Usai prosesi ritual pembakaran obor induk, acara HUT Patimura ke 204 kemudian dilanjutkan dengan ziarah ke TMP yang ditandai dengan upacara dan tabur bunga bersama, yang dipimpin oleh ketua panitia Aljabar Makatita, waket panitia Pdt. M. Molle, Sekertaris Samsudin Renuat, dan perwakilan unsur Tiga Tungku (Pemerintah, Adat dan Agama).

Berita lain untuk anda