Marwah, peserta program JKN-KIS.

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sejak tahun 2014, Marwah Yusuf (23) menceritakan pengalamannya dalam memanfaatkan pelayanan di fasilitas kesehatan dengan nyaman, mulai saat ia masih menjadi mahasiswi di tanah rantau hingga sekarang telah berkeluarga.

Bermodalkan kartu JKN-KIS miliknya, Marwah mengaku tak lagi terbebani biaya pengobatan saat sakit. Hal tersebut ia rasakan saat diharuskan menjalani perawatan rawat inap di tanah rantau dengan memanfaatkan kartu JKN-KIS.

“Dulu saya sempat diharuskan rawat inap selama 3 hari karena mengalami infeksi saluran kencing dan maag. Sebagai mahasiswi yang merantau, jauh dari orang tua, pasti ada rasa khawatir dan was-was, tapi untungnya saya sudah punya kartu JKN-KIS yang diberi pemerintah ini. Biaya perawatan dijamin seluruhnya, jadi dapat mengurangi beban orang tua saya,” jelas peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) ini, Kamis (04/02).

Marwah mengaku, selama dirawat inap di rumah sakit, pelayanan yang dirasakannya sangat memuaskan dan ia pun merasa tidak dibeda-bedakan dengan pasien lainnya. Mulai dari kamar rawat inap, pelayanan petugas kesehatan, perawatan sampai ke pemberian obat-obat, semuanya memuaskan dan tak ada kendala secuil pun. Marwah bersyukur telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dan mendapatkan pelayanan yang baik selama ini.

Kini, ia telah berkeluarga dan mengalihkan status kepesertaannya yang semula PBI menjadi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) karena kondisi finansialnya sudah membaik. Marwah mengaku sangat mengandalkan kepesertaan JKN-KIS, sehingga ia berupaya selalu memastikan keaktifan JKN-KIS satu keluarganya.

“Kartu ini sangat saya andalkan dari dulu sampai sekarang, apalagi sekarang sudah berkeluarga dan lagi hamil. Pasti ke depannya saya akan membutuhkan kartu ini jika akan melahirkan atau sewaktu-waktu sakit. Selama kartunya aktif dan mengikuti prosedur berobat yang benar, kita tidak perlu lagi memikirkan biaya pengobatan,” pungkasnya.

Marwah berharap, BPJS Kesehatan dan pemerintah serta pihak yang membantu terlaksananya Program JKN-KIS, diberikan kelancaran sebab telah memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia.

Berita lain untuk anda