Ilustrasi Covid-19. Foto-Ist

TEROPONGNEWS.COM, KUPANG – Pengamat Ekonomi, James Adam menilai, Pemerintah Kota Kupang sudah sangat serius menyiapkan langkah antisipasi untuk penanganan Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian.

Diakuinya upaya pemulihan ekonomi saat ini memang sulit, karena sebelum Covid-19 melanda ekonomi dunia tiga tahun terakhir pun sudah goyah.

Untuk itu, dia memberi saran kepada pemerintah daerah, tentang bagaimana upaya memulihkan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

“Saran pertamanya adalah, pemda perlu mengoptimalkan stimulus daerah berupa bantuan-bantuan sosial yang disalurkan kepada warga,” kata dia lewat siaran persnya yang diterima Teropongnews.com, Jumat (13/11/2020).

Pemda juga menurutnya, perlu mengoptimalkan anggaran belanja publik. Apalagi menurutnya saat ini pemerintah pusat sudah memberi kewenangan kepada pemda untuk merasionalisasi dan meralokasi anggaran untuk penanganan covid 19.

Kepada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT), James juga mendorong, agar masyarakat ekonomi NTT yang sebelumnya sudah dicanangkan bisa dihidupkan kembali.

“Saya menilai perlunya menggenjot sektor swasta, dan pentingnya intervensi pemerintah untuk menjaga kestabilan pasar, lewat kebijakan ekonomi jangka pendek, seperti penghapusan pajak dan retribusi yang sudah dilakukan Pemkot Kupang,” tandas James.

Berita lain untuk anda