Alumni SMA Negeri 2 (Smandu) Ambon Angkatan 90 menggelar kegiatan donor darah secara sukarela, yang berlangsung di aula SMA Negeri 2 Ambon, Jumat (20/11/2020). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Alumni SMA Negeri 2 (Smandu) Ambon Angkatan 90 menunjukan kepeduliannya kepada masyarakat Kota Ambon, dengan cara menggelar kegiatan donor darah secara sukarela, yang berlangsung di aula SMA Negeri 2 Ambon, Jumat (20/11/2020).

Kendati dalam kegiatan ini melibatkan banyak orang, namun protokol kesehatan tetap diterapkan, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Ketua Panitia reuni Alumni Smandu Angkatan 90, C.D.B Andreas mengatakan, kegiatan bakti sosial donor darah tidak unsur paksaan, namun secara sukarela.

Kegiatan ini, menurut dia, merupakan rangkaian kegiatan menuju dari reuni alumni Smandu Angkatan 90 ke-30, yang puncak peringatannya pada 19 Desember 2020 mendatang.

“Jadi, ini merupakan rangkaian kegiatan menuju reuni. Ini juga sebagai bentuk kepedulian dari alumni Smandu angkatan 90 kepada masyarakat lewat Palang Merah Indonesia (PMI). Kami juga mendengar informasi bahwa PMI mengalami kekurangan stok darah, sehingga kami melakukan bakti sosial donor darah ini,” kata dia kepada wartawan, di sela-sela kegiatan donor darah.

Andreas mengaku, panitia juga melibatkan TNI batalyon 733, Sippur, dan Denkav, serta masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Dari kegiatan ini, kami menargetkan sekitar 60 kantong darah, yang nantinya akan disalurkan kepada PMI, dalam rangka menjaga stok darah untuk keperluan masyarakat di Kota Ambon khususnya,” ujar dia.

Selain kegiatan bakti sosial lewat kegiatan donor darah ini, lanjut Andreas, pihaknya melakukan kegiatan penanaman pohon mangrove sebanyak 5.500 anakan, yang akan ditanam di Pantai Waiheru, Kecamatan Teluk Ambon Baguala, Kota Ambon, Sabtu (21/11/2020).

“Dan ada juga kunjungan kasih. Dalam kegiatan ini, kami akan berbagi kasih dengan rekan-rekan sesama Smandu angkatan 90, masyarakat dan dan guru-guru yang pernah berbakti pada kami ini, saat masih menimbah ilmu di SMA Negeri 2 Ambon. Dan sistem yang kita pakai yakni dari rumah ke rumah, lantaran kita masih berada di masa pandemi Covid-19,” ungkap Andreas.

Ditempat yang sama, Koordinator Kegiatan Donor Darah, Telly Muryani mengaku, kegiatan donor darah ini merupakan salah satu kegiatan yang pertama bagi alumni Smandu angkatan 90.

“Bagi saya, ini merupakan kegiatan sosial yang sangat membantu PMI, agar stok darah tidak menipis. Harapan kami, kegiatan ini berguna bagi masyarakat. Bagi alumni angkatan 90, setetes darah itu sudah membantu banyak orang,” tandas Telly.

Berita lain untuk anda