Rapat kerja antara Komisi III DPRD Provinsi Maluku bersama mitra terkait, guna membahas surat-surat masuk, yang digelar di ruang rapat paripurna kantor DPRD, Kamis (22/10/2020). Foto-Rudy Sopaheluwakan/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), maka Perusahaan Daerah (PD) Panca Karya akan memanfaatkan potensi laut di provinsi setempat.

Potensi laut yang dimaksudnya adalah, rumput laut dan ikan tuna. Untuk itu, PD. Panca Karya rencananya akan kembali membudidaya rumput laut, karena miliki nilai komersial yang tinggi, selain ikan tuna.

“Kita memiliki kekayaan laut yang sangat menjanjikan, salah satunya rumput laut. Dulu mantan Wakil Presiden, Boediono luar biasa mendorong masyarakat memprioritaskan program pembudidayaan rumput laut. Namun program hilang begitu saja,” kata kata PLT Direktur Utama (Dirut) PD. Panca Karya, Rusdy Ambon kepada wartawan, di Ambon, Jumat (23/10/2020).

Untuk itu, Rusdy berjanji, untuk kembali memunculkan program andalan yang digagas mantan Wakil Presiden, Boediono, untuk menambahkan PAD Maluku dari sektor perikanan.

Selain rumput laut, menurut Rusdy, pihaknya akan memanfaatkan potensi perikanan lainnya seperti ikan tuna, di Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

“Ikan tuna jika diekspor ke luar negeri seperti Cina, Jepang, Korea dan lainnya memiliki nilai jual yang tinggi. Ini yang akan kita lakukan, karena kebetulan di Banda itu tempatnya ikan tuna. Itu yang akan kita manfaatkan,” tandas Rusdy.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Provinsi Maluku, Anos Yermias memberikan apresiasi kepada PD. Panca Karya, yang telah berhasil menambah PAD lewat perusahaan berplat merah itu.

“Jujur saja, di tahun 2019 kemarin, kami sangat pesimis jika PD Panca Karya membangun usaha dengan hutang yang begitu besar, namun ternyata pesimisme itu sedikit hilang, dengan segala bentuk upaya yang dilakukan PD. Panca Karya,” kata Anos.

Menurutnya, rencana PD. Panca Karya untuk program budidaya rumput laut harus didukung seluruh masyarakat, agar daerah ini bisa terlepas dari belenggu kemiskinan.

Anos juga berharap, seluruh program yang akan dijalankan PD. Panca Karya bisa berjalan dengan baik, dalam rangka menambah pundi-pundi PAD Maluku.

“Paling tidak, klaim bisnis PD. Panca Karya bisa dipaparkan di Komisi III. Karena satu-satunya perusahaan daerah selain PT. Bank Maluku dan Maluku Utara yang kita harapkan bisa menambah pundi-pundi kas daerah yakni PD. Panca Karya,” tandas Anos.

Berita lain untuk anda