Berita

Uskara Nilai Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Diperkirakan Akan Terus Meningkat

×

Uskara Nilai Pertumbuhan Ekonomi Sulsel Diperkirakan Akan Terus Meningkat

Sebarkan artikel ini
Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara menilai kondisi ekonomi Sulawesi Selatan pada Triwulan III 2022 diperkirakan akan terus meningkat melalui relaksasi pembatasan aktivitas.

Relaksasi tersebut nantinya, akan meningkatkan konsumsi masyarakat, konsumsi pemerintah yang semakin membaik dan panen raya padi dan beberapa komoditas hortikultura.

“Jika dilihat dari sisi pengeluaran, meningkatnya pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan pada Triwulan II 2022 terutama didorong oleh konsumsi rumah tangga yang juga diikuti dengan meningkatnya ekspor barang dan jasa. Sedangkan dari sisi penawaran, perbaikan ekonomi didorong hampir seluruh lapangan usaha utama, yaitu Industri Pengolahan, Perdagangan, Transportasi, Informasi dan Komunikasi, serta Konstruksi,” ungkap Amir kepada wartawan, di Makassar, Kamis (27/10/2022).

Untuk diketahui, berdasarkan laporan perekonomian Provinsi Sulawesi Selatan yang dirilis oleh Bank Indonesia pada Agustus 2022, Ekonomi Sulawesi Selatan pada Triwulan II 2022 tumbuh 5,18 persen (yoy), lebih tinggi jika dibandingkan dengan Triwulan I 2022 yang hanya tumbuh sebesar 4,28 persen (yoy).

Namun demikian, lanjutnya, tahun 2023 perekonomian global dan domestik diprediksi akan memiliki tantangan ekonomi yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Terutama kendala dari sisi suplai, akibat dampak pandemi Covid-19 maupun perang dan geopolitik.

5072
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Sementara dari sisi permintaan terus bertambah, sehingga menyebabkan ketidaksesuaian antara supply and demand yang pada akhirnya akan meningkatkan harga barang dan jasa,” lanjutnya.

Maka dari itu, dia berharap, kegiatan Kunjungan Kerja yang dilakukan Komisi XI DPR RI dapat menjadi wadah untuk mendapatkan informasi terkait kondisi terkini Perekonomian Provinsi Sulawesi Selatan serta pelaksanaan kebijakan Pemerintah dalam upaya meningkatkan perekonomian di Provinsi Sulawesi Selatan.

Kebijakan tersebut baik yang berhubungan dengan kebijakan fiskal, moneter dan sektor jasa keuangan serta penguatan apa saja yang diperlukan oleh daerah.

“Selain itu juga kami ingin mengetahui dukungan, terobosan dan kontribusi apa saja yang sudah dilakukan dalam meningkatkan perekonomian di Provinsi Sulawesi Selatan baik dari sektor pertanian, pariwisata, UMKM maupun sektor lainnya,” pungkas Legislator Dapil Sulsel I.