BeritaParlementaria Raja Ampat

Upacara Adat Mansorandak Mewarnai Kunjungan Menteri LBP di Raja Ampat

×

Upacara Adat Mansorandak Mewarnai Kunjungan Menteri LBP di Raja Ampat

Sebarkan artikel ini
Kunjungan menteri kordinator bidang maritim dan investasi, Luhut Binsar Panjaitan di Raja Ampat ditandai dengan upacara adat injak piring atau Mansorandak. Foto Kominfo R4/TN

TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT-
Usai mengunjungi kota Sorong, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Republik Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan (LBP) kemudian melakukan kunjungan kerjanya di Kabupaten Raja Ampat Provinsi Papua Barat, Kamis (11/8/2022).

Tiba di Waisai Raja Ampat, LBP disambut bupati Abdul Faris Umlati (AFU) dan wakil bupati, Orideko Iriano Burdam bersama para pejabat dan Forkopimda kabupaten Raja Ampat ditandai dengan upacara adat Mansorandak (injak piring).

Mansorandak atau tradisi injak piring merupakan sebuah upacara adat Masyarakat Raja Ampat dalam menyambut tamu kehormatan yang dianggap membawa berkat bagi masyarakat Raja Ampat.

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, menyambut baik kunjungan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi di kabupaten yang terkenal dengan pariwisatanya itu.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Raja Ampat saya menyambut baik dan menyampaikan terima kasih kepada pak menteri dan rombongan yang sudah datang di Raja Ampat,” ujar AFU, sapaan Abdul Faris Umlati.

5069
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Ia pun berharap kunjungan memberikan dampak positif bagi iklim investasi, perkembangan sektor pariwisata dan perikanan di Raja Ampat. Karena kata AFU, dua sektor tersebut sebagai sektor unggulan bagi kemajuan dan perkembangan Raja Ampat.

“Kunjungan ini sebagai kunjungan sangat bermakna dan penting bagi masyarakat Raja Ampat, khususnya bagi perkembangan iklim investasi dan Kepariwisataan,” terang AFU.

Setelah disambut secara adat, Menteri LBP bersama rombongan langsung meninjau progres pelaksanaan pembangunan infrastruktur strategis di Raja Ampat seperti Bandara Waisai, Pantai Waisai Torang Cinta dan Pelabuhan Waisai, di distrik Kota Waisai, Kabupaten Raja Ampat.

Usai meninjau perkembangan pembangunan infrastruktur strategis, Menteri dan rombongan akan melaksanakan malam ramah tamah dengan Pemda, Forkompimda dan Tokoh Masyarakat Raja Ampat.

Sementara esok hari, Jumat, (12/8/2022), Menteri dan rombongan akan meninjau sejumlah Geopark di Raja Ampat seperti Geopark Sawondarek, Piaynemo, Arborek dan beberapa Geopark lainnya.