Sekretaris Saber Pungli Irjen Pol Drs Rudolf Alberth Rodja saat memberikan plakat kepada plt Sekda Kota Sorong, Karel Gifelem. (Foto:Mega/TN)

 1,307 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) mengsosialisasikan peraturan presiden nomor 87 tahun 2016, Rabu (12/10/2022) di Swissbel Hotel Sorong.

Sosialisasi tersebut dipimpin oleh Sekretaris Saber Pungli Irjen Pol Drs Rudolf Alberth Rodja diikuti oleh Pejabat TNI/Polri dan OPD Pemerintah Kota Sorong.

Dalam sambutannya, Rodja menjelaskan bahwa sosialisasi tersebut dilakukan itu untuk menindaklanjuti peraturan presiden nomor 87 tahun 2016 tentang satuan tugas sapu bersih pungli.

Mantan Kapolda Papua Barat ini menyebut bahwa pungutan liar adalah perbuatan yang dilakukan seseorang atau ke dalam negeri atau pejabat negara dengan cara meminta pembayaran sejumlah uang yang tidak sesuai, atau tidak berdasarkan peraturan yang berkaitan dengan pembayaran tersebut.

“Presiden mengingatkan juga mengingatkan abdi negara tak boleh mengambil pungutan yang dapat mempersulit masyarakat. Untuk itu bangun pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme,”ucapnya.

Menurutnya, dampak dari adanya pungli adalah dapat mengakibatkan gaya ekonomi tinggi menghambat pembanguna, merugikan masyarakat dan menurunkan di wibawa pemerintah di mata masyarakat,”ucapnya.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan efektivitas pemberantasan publik presiden telah mengeluarkan Pepres nomor 87 tahun 2016 tanggal 20 Oktober 2016 tentang satgas saber Pungli, dengan menimbang bahwa praktik pungli dapat merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga perlu upaya pemberantasan agar dapat menimbulkan efek jera.

“Dibentuknya satgas saber pungli itu agar dapat mewujudkan Pemerintah Daerah yang bersih dan berwibawa, bebas dari pungutan liar yang ada pada semua lini pelayanan publik,pungkasnya.

Berita lain untuk anda

Pemerintah Turunkan Harga RT-PCR Rp300 Ribu di Luar Pulau Jawa dan Bali

 1,369 total views (dibaca)  1,369 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Pemerintah pusat resmi menurunkan harga tes swab Polymerase Chain…

Refra: Silahkan Terapkan “New Normal” di Maluku, Tapi Untuk Ambon Harus Dipertimbangkan

 1,641 total views (dibaca)  1,641 total views (dibaca) Ambon, TN – Fraksi Persatuan Bangsa DPRD Provinsi Maluku…

Pupuk Subsidi Kembali Dikeluhkan Petani Merauke

 792 total views (dibaca)  792 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,MERAUKE – Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA)…

Muamar: Di Malut Ada Sekitar 34 Bahasa

 1,572 total views (dibaca)  1,572 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Ketua Tim perumus Gam Madoto atau…

Cegah Penularan Covid-19, Alumni HMI Raja Ampat Bagi-Bagi Masker

 1,385 total views (dibaca)  1,385 total views (dibaca) Waisai, TN- Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) kabupaten Raja…

Astaga! Pengangguran dan Kemiskinan di Maluku Meningkat

 1,396 total views (dibaca)  1,396 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kendati pemerintah terus berupaya untuk membangun…

Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Nabire Tangkap Pelaku Curanmor

 878 total views (dibaca)  878 total views (dibaca) TEFOPONGNEWS.COM, NABIRE Satuan Reserse Kriminal Polres Nabire menangkap satu…

Ini Peta Sebaran Covid-19 di Kota Sorong Per 24 April 2020

 1,515 total views (dibaca)  1,515 total views (dibaca) Sorong,TN – Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 kota Sorong,…

PSBB Mulai Disosialisasikan di Makassar

 1,371 total views (dibaca)  1,371 total views (dibaca) Makassar, TN – Setelah mendapat Izin dari Kementerian Kesehatan…

25 Napi di Lapas Kelas IIB Merauke Terima Remisi Idul Fitri

 1,386 total views (dibaca)  1,386 total views (dibaca) Merauke, TN – Sebanyak 25 orang nara pidana (napi)…