Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat Juniman Hutagaol,S.H.,M.H.

 1,422 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Kasus dugaan tindak pidana korupsi dengan tersangka SW tetap berlanjut ke meja hijau untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Demikian disampaikan kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat Juniman Hutagaol,S.H.,M.H.

Meski diakui bahwa ada intervensi dari sejumlah pihak namun tidak dapat membuat penyidikan kasus yang merugikan kerugian negara milyaran rupiah ini tidak terhenti, karena pihaknya telah mengantongi dua alat bukti yang cukup untuk menetapkan SW sebagai tersangka.

Penetapan SW sebagai tersangka terkait dengan pengembalian kerugian negara dalam kasus proyek perluasan jaringan listrik tegangan rendah dan menengah pada dinas pertambangan dan energi Kabupaten Raja Ampat T.A 2010 dibebankan kepadanya.

“Penanganan ini masih bagian dari penanganan sebelumnya. Makanya berdasarkan putusan pengadilan, kita ambil kesimpulan untuk menindaklanjuti perkara itu dengan menetapkan SW sebagai tersangka,” ungkapnya dalam press conference di Aula Kejati Papua Barat, Kamis (22/9/2022).

Penyidikan lebih lanjutan terhadap perkata ini menjadi kewenangan Kejaksaan Negeri Sorong dengan supervise Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) melalui Kejaksaan Tinggi Papua Barat.

Kata Kajati, tentu akan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan terhadap SW maupun upaya hukum lain jika diperlukan. SW dibebankan untuk membayar uang pengganti dalam kasus itu. Sebab, Hakim dalam putusan terhadap terdakwa BS, hanya mengabulkan tuntutan penjara dan tidak mengabulkan tuntutan uang pengganti.

“Dalam putusannya, hakim menilai BS tidak menikmati uang tersebut, tapi dinikmati oleh orang lain,” terangnya.

Surat perintah penyidikan terhadap dugaan korupsi perluasan jaringan tegangan rendah dan menengah pada Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Raja Ampat tahun 2010 senilai 1.3 miliar terhadap tersangka SW diterbitkan pada tanggal 16 Agustus 2022 karena SW salah satu orang yang ikut mempertanggung jawabkan kerugian negara ini.

Kejaksaan Negeri Sorong juga telah mengirim SPDP kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pertanggal 16 Agustus 2022 dengan nomor surat : B-2592/R.2.11/FD.1/08/2022 perihal pemberitahuan penyidikan perkara dugaan tindak pidana korupsi.

Berita lain untuk anda

Double O Sorong Hangus Dibakar, Belasan Warga Meninggal Dunia

 1,070 total views (dibaca)  1,070 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Dua kelompok warga di kota Sorong, Selasa…

Kasatpol PP Ternate Raih Penghargaan Karya Bakti Dari Kemendagri

 1,101 total views (dibaca)  1,101 total views (dibaca) Ternate, TN – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol…

DPRD: Pemerintah Sudah Baik Lakukan Pengawasan, Meski Ada Kekurangan

 1,004 total views (dibaca)  1,004 total views (dibaca) Ambon, TN – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Abdullah…

Sebanyak 2000 Stel APD Untuk Tenaga Medis Tiba Di Sorong

 1,474 total views (dibaca)  1,474 total views (dibaca) Sorong, TN –Sebanyak 40 koli atau 2000 stel Alat…

Danrem Bangun Nawoko: Netralitas TNI Adalah Harga Mati

 1,004 total views (dibaca)  1,004 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Netralitas bagi TNI adalah harga mati.…

DPRD Setuju Jika Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Awasi Keluar Masuk Kapal

 1,311 total views (dibaca)  1,311 total views (dibaca) Ambon, TN – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19…

Malam ini, ODP Kota Jayapura Capai 1261 Orang

 1,049 total views (dibaca)  1,049 total views (dibaca) Jayapura, TN –  Jumlah ODP Kota Jayapura meningkat tajam…

Politisi PDI Perjuangan Ini Jawab Kebutuhan Warga Ditengah Wabah Corona

 1,025 total views (dibaca)  1,025 total views (dibaca) Aimas, TN – Tak ingin terstigma sebagai politisi yang…

Perampingan Program Bermanfaat Besar Bagi Masyarakat Sulsel

 1,085 total views (dibaca)  1,085 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah…

Gubernur Sulsel Audience Bersama Unismuh Makassar Bahas Persiapan Pelaksanaan KKN MAS

 5,077 total views (dibaca)  5,077 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman…