Pemasangan jaringan listrik di Kampung Kawagit.Foto-dok/TN

 2,625 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM. MERAUKE – PLN terus berupaya untuk menghadirkan listrik bagi seluruh warga hingga ke pelosok negeri. Terdapat 433 desa di Seluruh Indonesia yang perlu dialiri listrik, dengan mayoritas desa yang belum teraliri listrik berada di wilayah timur Indonesia, yaitu Provinsi Papua sebanyak 325 desa dan Papua Barat sebanyak 102 desa.

Khusus pada cakupan wilayah pelayanan PLN UP3 Merauke, total sebanyak 52 desa rencananya akan mendapatkan aliran listrik yang terdiri dari 14 desa di Kabupaten Merauke, yakni Nggolar, Purawanderu, Umanderu, Webu, Welbuti, Po Epe, Yomop, Bu Epe, Wanggambi, Pembri, Wantarma, Dafnawanga, Uli Uli, dan Sigad.

Kemudian 9 desa di Kabupaten Boven Digoel yaitu, Kampung Wanggom, Kawagit, Kombai, Biwage, Firiwage, Waliburu, Hamkhu, Wanggemalo, dan Yaniruma. Selanjutnya ada
30 desa di Kabupaten Mappi yakni, Kampung Geturki, Banamepe, Yodom, Isyaman, Yemu, Fomu, Tayau, Bagaram, Baitate, Urufu, Afogoma, Menya, Tokhompatu, Kotup, Rimba Jaya/Gayu, Kaime, Keta, Sien, Sahapikia, Yibin, Mopio, Pies, Memes, Asset, Ogoto, Amk, Benggo, Kokoya, Konebi dan Sibi.

“Secara bertahap hingga tahun 2021, desa-desa tersebut akan mendapatkan aliran listrik dengan total calon pelanggan sebanyak 2.178 pelanggan,” terang Manager PLN UP3 Merauke, Didik Krismanto di ruang kerjanya, Kamis (15/01/2021).

Lanjut, kata Didik, sepanjang tahun 2020, PLN UP3 Merauke telah melistriki 3 desa di Kabupaten Boven Digoel yaitu desa Wanggom, Kombai dan Kawagit dengan jumlah pelanggan sebanyak 140 pelanggan.

Sementara sisanya dalam tahap commissioning test dan tahap kesiapan pembangkit serta pembangunan jaringan listrik. Saat ini telah dilakukan commissioning test pembangkit di 9 desa yang selanjutnya siap untuk dialiri listrik dalam waktu dekat.

Walaupun di tengah wabah Covid-19, PLN UP3 Merauke tetap semangat untuk melistriki kawasan 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

“Medan yang ekstrim bukan menjadi sebuah penghalang, jalan berlumpur, menyeberangi sungai, melewati hutan harus dilewati demi membawa terang hingga ke pelosok negeri,” pungkas Didik.

Berita lain untuk anda

Nabire Zona Merah Covid-19 di Papua

 2,682 kali dilihat 2,682 kali dilihat Jayapura, TN – Kabupaten Nabire akhirnya terdata sebagai salah satu…

Ruas Ujung Jalan Ini Diperlebar, Warga Bone-Sinjai Mengaku Senang

 2,740 kali dilihat 2,740 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Masyarakat sangat antusias dengan proyek pengerjaan preservasi…

Tim Penyusun Dokumen RDTR Tinjau Lokasi Potensial di Misool Raja Ampat

 2,684 kali dilihat 2,684 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Tim penyusun dokumen Rencana Detail Tata Ruang…

Pemprov Sulsel Dukung Tersedianya Hotel dan Terminal Penyeberangan di Bira

 2,701 kali dilihat 2,701 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah menegaskan,…

Pelaku Pencuri Sapi di Merauke Dibekuk

 3,123 kali dilihat 3,123 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pelaku pencuri ternak sapi di Distrik Okaba,…

Ika Unair Sidoarjo dan Dinas Pangan Sidoarjo Sosialisasi Sertifikasi NKV

 6,563 kali dilihat 6,563 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SIDOARJO – Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo menggelar Sosialisasi…

Lima Napi Lapas Kelas IIB Merauke Dibekuk Polisi

 8,928 kali dilihat 8,928 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Lima warga binaan Lapas Kelas II.B Merauke…

Bencana Tanah Longsor Terjadi di Jalan Poros Palopo-Toraja

 2,597 kali dilihat 2,597 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Bencana tanah longsor terjadi di jalan poros…

Anggota DPR RI Robert Kardinal Gelar Sosialisasi Empat Pilar di Kelurahan Tampa Garam

 2,671 kali dilihat 2,671 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Anggota DPR RI Robert Joppye Kardinal menggelar sosialisasi…

Dibangun Dengan Dana Milyaran, Kantor Distrik Kokas Jadi Sarang Nyamuk

 2,656 kali dilihat 2,656 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, FAKFAK – Kantor Distrik Kokas, Kabupaten Fak-Fak yang dibangun…