Pemuda-pemudi Booi, Aboru, Kariu dan Hualoy (BAKH) menggelar aksi demonstrasi di gedung DPRD Provinsi Maluku, di kawasan Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Rabu (9/2/2022). Foto-Ist/TN

 677 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemuda-pemudi Booi, Aboru, Kariu dan Hualoy (BAKH) menggelar aksi demonstrasi di gedung DPRD Provinsi Maluku, di kawasan Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Rabu (9/2/2022).

Mereka menggelar aksi demonstrasi, lantaran merasa tidak puas dengan lambatnya pemerintah baik Provinsi Maluku maupun Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), untuk memulangkan warga Kariu ke negerinya.

Dalam tuntutannya, pemuda-pemudi BAKH mendesak Pemerintah Provinsi Maluku dan Kabupaten Maluku Tengah, untuk secepatnya memulangkan masyarakat Kariu ke negerinya paling lambat Bulan Maret 2022.

“Sesegera mungkin Pemerintah Provinsi Maluku merealisasikan dana anggaran pembangunan rumah warga Negeri Adat Kariu,” teriak para pendemo.

Para pendemo juga mendesak Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, dan Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon, untuk mendirikan pos keamanan secara permanen di perbatasan Negeri Kariu-Pelauw, Kariu-Dusun Ori, sesuai dengan Statement mereka.

Mereka juga mendesak Pemerintah Provinsi Maluku dan Kabupaten Maluku Tengah untuk secepatnya membangun rumah masyarakat Negeri Adat Kariu yang terbakar saat penyerangan oleh masyarakat Pelauw/Ori sejak 26 Januari 2022.

“Kami mendesak Kapolda Maluku untuk menangkap oknum pembacokan terhadap warga Negeri Kariu yang terjadi pada Selasa, 25 Januari 2022 oleh warga Dusun Ori,” pinta para pendemo.

Mereka juga meminta dan mendesak Kapolda Maluku, untuk segera menangkap pelaku penyerangan dan pembakaran rumah warga dan 2 rumah ibadah (Gereja), diantaranya Gereja Sidang Jemaal Allah dan Gereja GPM Lama warga Kariu.

Kapolda Maluku didesak untuk mengevaluasi Kapolsek Pulau Haruku, Kanit Intel Polsek Haruku, dan Bhabinkamtibmas yang diduga terlibat pada insiden penyerangan Negeri adat Kariu.

Aparatur negara dalam hal ini adalah TNI/POLRI didesak, untuk segera melakukan pemeriksaan dan penggeledahan warga Pelauw, dan Warga Ori, terkait penggunaan senjata api berupa senjata mesin (organik), dan segera menangkap oknum-oknum yang dengan sengaja menggunakan senjata api tanpa izin.

“Jika tuntutan kami tidak diindahkan, maka kami akan kembali dengan massa yang cukup besar, dengan mungkin saja aksi yang tidak terkendali,” ancam mereka.

Untuk diketahui, dalam aksi demonstrasi ini, pemuda-pemudi BAKH diterima langsung Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimury, dan sejumlah anggota Komisi I.

Berita lain untuk anda

Kapolda Papua Barat Tidak Beri Toleransi Personil Yang Terlibat Narkoba

 755 total views (dibaca)  755 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Daniel Tahi…

Brimob Polda Maluku Asah Kemampuan SAR Laut

 733 total views (dibaca)  733 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Salah satu kemampuan yang harus dimiliki…

Ketua MPR Kecam Keras Pelanggaran HAM ABK WNI di Kapal China

 700 total views (dibaca)  700 total views (dibaca) Jakarta, TN – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengecam…

Salah Paham, Satu Rumah Warga Di Kota Sorong Dibakar

 696 total views (dibaca)  696 total views (dibaca) Sorong,TN – Satu unit rumah yang berlokasi di jalan…

JKN-KIS Sangat Terasa Manfaatnya Bagi Mahasiswa Perantau

 657 total views (dibaca)  657 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Sebagai mahasiswi perantau yang tinggal jauh dari…

Ohoirat: Jangan Dulu Berkesimpulan, Kita Tunggu Hasil PCR

 699 total views (dibaca)  699 total views (dibaca) Ambon, TN – Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah (Polda)…

Revitalisasi Pasar Mardika Akhirnya Terwujud

 647 total views (dibaca)  647 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Revitalisasi Pasar Mardika, Kecamatan Sirimau, Kota…

Bupati Kaimana Freddy Thie, Resmikan Gedung Gereja GKI Naszaret Kampung Efara.

 714 total views (dibaca)  714 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KAIMANA- Bertempat di dusun Efara, distrik Arguni Atas,…

BP Jamsostek Papua Barat Bantu Sembako Kepada Pekerja Yang Di PHK

 684 total views (dibaca)  684 total views (dibaca) Sorong,TN – BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) cabang Papua Barat…

Dinas PUPR Papua Barat Sosialisasikan Perpres Nomor 11 Tahun 2019

 678 total views (dibaca)  678 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI- Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) provinsi…