Pemprov Sulsel Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur di Soppeng

PLT Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – PLT Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman menegaskan di HUT ke 760 tahun, Kabupaten Soppeng akan terus meningkatkan sinergitas bersama Pemerintah Provinsi Sulsel.

“760 tahun Kabupaten Soppeng semoga terus berjaya, dan bersinergi bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan,” ungkapnya kepada wartawan, di Makassar, Rabu (24/3/2021).

Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, pembangunan infrastruktur Kabupaten Soppeng, adalah salah satu yang menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Sulsel.

“Beberapa proyek pembangunan dilakukan Pemprov Sulsel di Kabupaten Soppeng sebagai bukti perhatian pemerataan pembangunan. Seperti infrastruktur pertanian diantaranya normalisasi sekitar 9 km saluran pembuang Sungai Pacellu Cabenge di Kecamatan Lilirilau, rehabilitasi daerah irigasi leworeng menggunakan anggaran IPDMIP terdiri dari rehabilitasi bendung utama Leworeng, Bendung Suplesi To’dang Salo, Bendung Suplesi Lamangiso dan Saluran Sekunder, serta Rehabilitasi Bendung Latenreng,” imbuhnya.

“Peningkatan kapasitas struktur jalan ruas Soppeng batas Sidrap di Desa Batu-Batu Kecamatan Marioriawa sepanjang 3,10 km yang telah rampung, pembangunan jalan ruas soppeng batas sidrap dalam status on progres yang terbagi dalam 3 segmen, yakni Segmen 1 di Desa Pesse Kecamatan Donri-Donri memasuki pemasangan talud dan lapisan pengerasan, Segmen 2 di Kelurahan Manorang Salo, Kecamatan Marioriawa memasuki pengaspalan lapis pertama, dan Segmen 3 di Desa Laringgi, Kecamatan Marioriawa memasuki tahap pengaspalan lapisan kedua,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, beberapa pembangunan irigasi yang sempat terkendala kini berfungsi dan dinikmati oleh masyarakat.

“Alhamdulillah irigasi yang pernah saya kunjungi dulu karena bermasalah, saat ini sudah dapat berfungsi dengan baik dan membantu masyarakat untuk proses pengairan di sawah-sawah petani. Dimana sekitar Rp 17,5 miliar dana kita peruntukan untuk pembangunan irigasi. Serta sekitar Rp 34 miliar dana kita peruntukkan dalam pembangunan ruas jalan di Kabupaten Soppeng,” pungkasnya.

Diketahui, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus mendorong pemerataan pembangunan di seluruh kabupaten kota. Mulai dari infrastruktur jalan hingga infrastruktur pertanian.