1,145 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT – Pemda Maybrat secara resmi menyerahan kartu JKN-KIS melalui BPJS kesehatan secara simbolis kepada Masyrakat Maybrat, di distrik Aifat , Selasa (20/9/2022).

PJ Bupati Maybrat Bernhard E Rondonuwu menjelaskan program JKN – KIS merupakan wujud dari program pemerintan yang dapat dirSakan langsung oleh masyaralat.

” Saya menyarankan kepada BPJS Maybrat agar penyerahan kartu KIS di kantor distrik saja, karena distrik adalah perpanjangan tangan Pemerintah Daerah, supaya distrik dekat dengan masyarakat,” ujar Bernhard.

Ia berharap agar pembagian dan Penyerahan kartu JKN-KIS oleh BPJS kesehatan kepada 23 Kepala Kampung Distrik Aifat untuk selanjutnya dibagikan ke masyarakatnya di masing-masing Kampung.

Sementara itu, kepala cabang BPJS Sorong, Ambar mengatakan pembagian kartu Indonesia sehat (KIS), ini merupakan hasil kerjasama Dinas Sosial Pemda Maybrat dengan BPJS Kesehatan Maybrat dan Aparat Kampung bagi masyarakat yang kurang mampu. Jadi setiap bulannya Dinas Sosial menerbitkan SK yaitu penonaktifan dan penambahan. SK Mensos nomor 58 tahun 2022 alokasi khusus kab Maybrat sejumlah 14.000,-.

Perlu saya laporkan kepada Bapak Bupati bahwa BPJS Cabang Maybrat dengan Dinas Sosial dan Operator sejak awal tahun bekerja keras untuk mengusulkan penerima bantuan-bantuan Iampiran. Sampai bulan September ini kita kekurangan data. Data yang sudah ada NIK nya tidak online, kita turun ke kampung banyak masyarakat yang tidak memiliki KK dan NIK, itu kendalanya.

Setiap bulannya Kabupaten Maybrat ada kuota dari Kementerian Sosial, hanya saja Kabupaten Maybrat tidak bisa memenuhi kuota tersebut.

Pemerintah sudah menonaktifkan di 2020 sebesar Rp. 7 Miliar, 2021 RP. 5 Miliar, 2022 potensi Rp 5 Miliar. Artinya Pemerintah Pusat sudah menganggarkan untuk bantuan iuran setiap tahunnya, hanya saja usulannya terkendala di data.

Tentunya masyarakat nanti bertanya, bagaimana dari 14.000,- ada yang memiliki KIS, karena KIS otomatis menjadi kebutuhan dasar, kita tidak bisa bekerja, kita tidak bisa belajar kalo tidak sehat. Kemaren kita punya pengalaman waktu Covid 19, banyak sekali anggaran terkuras untuk Covid 19, itulah perlunya jaminan kesehatan.

Terkait Jamkesda, terima kasih kepada Pemda Maybrat untuk dukungannya kepada BPJS Kesehatan, sehingga Kab. Maybrat sudah mencapai UHC (Pemda mengkaver penduduknya ke JKN KIS). Bulan Agustus capaian UHC nya 70%, dan per bulan September 106%.

Untuk Jamkesda untuk Kabupaten Maybrat masih close, artinya kalo ada masyarakat yang Ciprok. Maybrat ini ekstrim dan kita harus kerja keras karena banyak sekali masyarakat yang sudah dirujuk ke Paskes di Maybrat, Kota Sorong ternyata tidak punya jaminan.

Harapan saya sudah Jamkesda Kabupaten Maybrat didorong Supaya Open, seperti Kabupaten.Sorong dan Raja Ampat artinya jika ada masyarakat butuh darurat ke Rumah Sakit, walaupun dia tidak punya kartu BPJS Kesehatan, dia tinggal ke kantor BPJS kesehatan terdekat nanti kita bantu kordinasikan dengan Dinas Sosial.

Untuk Aparat Kampung belum punya Jaminan kesehatan, kalo bisa untuk tahun ini dianggarkan khusus untuk aparat kampung sebagai apresiasi, dan mendapat kelas inap di kelas 2, dengan mekanisme didaftarkan secara kolektif oleh Pemda Maybrat”ujarnya.

Berita lain untuk anda

Polres Salatiga dab Polda Jateng Sumbang Mahasiswa Asal Papua Beras 10 Ton

 1,143 total views (dibaca)  1,143 total views (dibaca) TEROPONGNEWS, JATENG – Sebanyak 10 ton beras dari Mabes…

Bawaslu Malut Bakal Mendeklarasikan Netralitas ASN

 1,108 total views (dibaca)  1,108 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Sekretaris Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu)…

Satgas Pamrahwan Yonif Raider 500/Sikatan Pos Kalome Berbagi Kasih dengan Penduduk Agave

 1,014 total views (dibaca)  1,014 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, PUNCAK JAYA – Momentum Natal 2020 dimanfaatkan prajurit…

Kalahkan Atlit Wushu asal Sumut, Maria Monalu dari Papua Melangkah ke Semi Final

 1,011 total views (dibaca)  1,011 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE- Bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-34, atlet…

Uluputty: Turunkan Harga BBM!

 1,130 total views (dibaca)  1,130 total views (dibaca) Ambon, TN – Anggota Komisi VII DPR RI, Saadiah…

Sinode GKI di Tanah Papua Bersama FGM GKI Desak Polda Papua Barat Tuntaskan Kasus Pencemaran Nama Baik Ketua Sinode

 1,167 total views (dibaca)  1,167 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Sinode GKI di Tanah Papua melalui Kepala…

AKBP Untung Sangaji Sebut Kasus Kekerasan Seksual Sangat Tinggi di Merauke

 964 total views (dibaca)  964 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kapolres Merauke AKBP Untung Sangaji menyebut…

Petronela Kambuaya Nyatakan Kembali Maju di DPRD Kota Sorong

 8,510 total views (dibaca)  8,510 total views (dibaca) TEOPONGNEWS.COM, SORONG – Ketua DPRD Kota Sorong, Petronela Kambuaya,…

Anggota DPR Fraksi Otsus, Cartenz Malibela Jaring Aspirasi Masyarakat di Sorong

 1,219 total views (dibaca)  1,219 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT-Anggota Fraksi Otsus DPR Papua Barat, Cartenz…

Raih Opini WTP, Kemenkeu Beri Penghargaan ke Pemkot Kupang

 995 total views (dibaca)  995 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KUPANG – Pemerintah Kota Kupang memperoleh penghargaan dari…