Berita

KM. AMJ V Terbalik di Laut Arafura, Satu Orang dalam Pencarian

×

KM. AMJ V Terbalik di Laut Arafura, Satu Orang dalam Pencarian

Sebarkan artikel ini
KM. AMJ Lima kondisi terbalik di Lait Arafura. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sebuah kapal ikan dilaporkan tenggelam di laut Arafura pada koordinat 10°12’48.00″S – 138°30’36.00″E atau berjarak sekitar 276 km dari Dermaga Merauke ke arah barat daya.

Informasi awal berasal dari Port Vila Chief sebuah kapal kontainer yang pertama kali melihat kapal dalam posisi terbalik dan mengapung di tengah laut pada Rabu siang tanggal 14 September 2022. Temuan ini dilaporkan melalui email ke otoritas SAR Australia pada pukul 23.07 Wit. Oleh JRCC (SAR Australia), informasi ini kemudian diteruskan ke Kantor Pusat Basarnas pada pukul 23.09 Wit.

Pada pukul 23.15 Wit kantor SAR menerima informasi dan data awal ini hanya memuat kejadiannya saja tanpa diketahui nama kapal naas tersebut. Dini hari tadi tepatnya pukul 00.50 Wit sebuah pesawat pencari milik Australia Maritime Safety authority (AMSA.red) jenis Bombardier Challengger dikerahkan melakukan pencarian di sekitar lokasi kejadian namun hingga pesawat kembali ke pangkalan pada pukul 03.34 Wit tanpa membuahkan hasil.

Kemudian pada pukul 08.20 Wit pesawat kembali ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian kembali hingga pukul 12.00 Wit. Kali ini pencarian juga belum membuahkan hasil. “Setelah dilakukan koordinasi baik dengan SAR Australia, Bakamla, Kantor Satuan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan serta pihak agen kapal akhirnya diketahui kapal tersebut bernama KM. AMJ Lima yang berpangkalan di Panambulai, Dobo kepulauan Aru,” terang Humas Basarnas Merauke, Darmawan dalam rilis.

Kapal ini adalah milik PT. Sutioso Bersaudara yang berkantor pusat di Jakarta Barat. Berdasarkan penelusuran aplikasi marine tracking ternyata kapal ini sudah terbalik akibat hantaman ombak besar pada hari selasa tanggal 13 September 2022 lalu. Data ini dikuatkan dengan hasil penelusuran sistem pelacakan kapal di kantor Bakamla Merauke. KM. AMJ Lima ini berawakkan 24 orang dengan nahkoda bernama Casmidi.

5075
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Akibat kecelakaan tersebut, 23 anak buah kapal berhasil diselamatkan oleh KM. BMJ Enam dan menyisakan 1 (satu) korban atas nama Andreas (L/33 tahun) yang masih dalam pencarian. Korban selamat saat ini berada di atas KM.BMJ Enam.

“Sore tadi melalui komunikasi radio, kantor SAR Merauke berhasil menghubungi KM.BMJ Enam dan diperoleh informasi tambahan bahwa 23 korban selamat semuanya dalam kondisi sehat dan posisi kapal masih berada di sekitar lokasi kejadian untuk tetap melakukan pencarian korban yang belum ditemukan.”

KM. BMJ Enam adalah kapal yang masih satu perusahaan dengan KM. AMJ LIma yang tenggelam tersebut. Menurut penuturan nahkoda KM.BMJ Enam, saat ini KM.AMJ Lima sudah tenggelam karena sudah tidak terlihat lagi di permukaan air.
Kondisi di laut saat ini terdapat beberapa kapal yang melakukan pencarian baik milik perusahaan dimana KM. AMJ Lima selama ini bernaung maupun relasi dari perusahaannya.