1,572 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA, – Sejauh ini Kejaksan Tinggi (Kejati) Papua telah memanggil dan meminta keterangan sepuluh orang sebagai saksi dalam kasus dugaan Korupsi hotel Tabita yang menggunakan dana APBD kabupaten Jayapura.

Asisten Tindak Pidana Khusus (Asipidsus) Kejaksaan Tinggi Papua, Alexander Sinuraya dikonfirmasi Teropongnews.com (23/9/2021), membenarkan adanya penyidikan terkait progress pembangunan Hotel Tabita di Sentani yang menggunakan dana APBD kabupaten Jayapura sejak tahun 2019 lalu.

”Sudah sepuluh saksi yang telah kita periksa dan minta keterangan mereka, rata-rata dari pihak dinas kabupaten Jayapura,“ Terang Aspidsus baru baru ini.


Alexander Sinuraya megungkapkan 10 saksi yang di periksa tersebut yakni Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) , Kuasan Pengguna Anggaran (KPA) dan yang lainya keseluruhannya dari pihak pemerintah daerah.

Ditambahkan, untuk mengumpulkan bukti-bukti lebih jauh pihaknya masih menunggu beberapa saksi lain yang dipanggil.untuk memberikan keterangan.

Dugaan korupsi hotel Tabita sebesar 3 Miliar ini merupakan kelebihan pembayaran bersumber dari APBD. ” Ternyata dari penghitungan terakhir itu ternyata uang yang diterima sama dengan fisik di lapangan masih kurang,”ungkapnya.


Selain pihak Pemerintah daerah yang telah di periksa, Kejati juga akan menghadirkan saksi lain seperti Saksi ahli, untuk melihat kasus tersebut sejauh mana faktanya.


Sementara untuk rekanan atau pihak yang mengerjakan proyek pembangunan hotel yang menelan Biaya hampair mencapai 72 Miliar lebih tersebut, belum hadir ke kejati Papua untuk memberikan keterangan .


Pembangunan Hotel Tabita sendiri yang bersumber dari APBD Kabupaten Jayapura Tahun 2019 sebesar Rp 72.877.339.120 dan dikerjakan oleh PT Plaza Crystal Internasional (PCI).

Meski PT. PCI telah menerima uang muka tahap pertama sebesar RP 24 Miliar lebih, namun dari hasil audit BPK RI, ternyata ada kelebihan pembayaran yang tidak dapat di pertanggung jawabkan.


Untuk pembangunan hotel tahap dua yang seharusnya dipeuntukan mendukung perhelatan PON XX Papua Tahun 2021 itu, menelan biaya sebesar RP. Rp 48.529.338.000,00 melaui dinas Pertanahan Perumahan Dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Jayapura


Plt. Kepala Dinas Dinas Pertanahan Perumahan Dan Kawasan Pemukiman (DP2KP) Kabupaten , Terry F. Ayomi dikonfirmasi belum memberikan Komentar hingga berita ini dipublikasikan. Namun berdasarkan penelusuran media ini, lanjutan tahap kedua pembangunan hotel Tabuta dijerjakan oleh PT. Krisna Karya.

Berita lain untuk anda

Bahaya…!! Jangan Tukar Harga Diri Suku Sebyar Dengan Emas Palsu

 1,734 total views (dibaca)  1,734 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TOMU – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati…

RSUD dan BPJS Kesehatan Merauke Siap Lakukan Verifikasi Klaim Covid-19

 1,540 total views (dibaca)  1,540 total views (dibaca) Merauke, TN – Wabah Corona Virus Disease-19 (Covid 19),…

Zona Yumasssesss Raya Terima Sembako Dari DPRD dan Pemkab Maybrat

 1,363 total views (dibaca)  1,363 total views (dibaca) Maybrat, TN – Pemerintah kabupaten (Pemkab) bersama Dewan Perwakilan…

Kejati Diminta Transparan dalam Perkara Dugaan Korupsi Pembangunan Kantor Dinas Perumahan Papua Barat

 1,504 total views (dibaca)  1,504 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Kejaksaan Tinggi Papua Barat diminta tidak…

Iriana Jokowi Tinjau KBM di TK Pertiwi Kliwonan 1 Sragen

 624 total views (dibaca)  624 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama…

JOSS Academy Gelar Pelatihan Memaksimalkan Ponsel untuk Memotret

 1,421 total views (dibaca)  1,421 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SIDOARJO – Selama ini banyak orang yang memiliki…

Soal Surat Usulan Pj Wali Kota Sorong yang beredar, Pemprov PB sedang Telusurinya

 1,350 total views (dibaca)  1,350 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Pemerintah provinsi (Pemprov) Papua Barat sedang menyelidiki…

DPRD Minta Pemkot Sorong Segera Realokasi dan Refocusing Anggaran Covid-19

 1,444 total views (dibaca)  1,444 total views (dibaca) Sorong,TN – Fraksi Amanat Kesejahteraan Bangsa (AKB) DPRD Kota…

100 Set Hazmat Didonasi PMB Untuk Pemkot

 1,390 total views (dibaca)  1,390 total views (dibaca) Ambon, TN – Forum Maluku Berkarya (FMB) mendonasikan 100…

Muktamar Muhammadiyah, Ketua DPR: Terus Rawat Dan Majukan Indonesia

 3,513 total views (dibaca)  3,513 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani menghadiri…