Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan bersama tenaga medis dan pasien yang sudah sembuh di RSUD Provinsi Papua Barat, Sabtu (16/5).(Foto : Abe/TN)

 2,708 kali dilihat

Manokwari,TN– Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan menghimbau kepada seluruh masyarakat di Provinsi ini supaya tinggalkan stigma jelek terhadap pasien positif terpapar corona virus disease 2019 (COVID-19).

Karena menurutnya bahwa pasien positif terpapar corona maupun sudah sembuh, mereka adalah keluarga juga sehingga tidak boleh ada yang mengkucilkan atau mengganggap rendahnya.

“Saya kira masyarakat harus paham karena mereka bukan yang tinggal di Kampung sana supaya tidak mengerti tetapi tinggal di kota pasti mengerti, karena itu selalu saya bilang tinggalkan kepentingan-kepentingan lain termasuk tinggalkan stigma mengkucilkan pasien virus corona itu, kita focus untuk kesembuhan pasien yang posfitif COVID-19” kata Gubernur, Drs Dominggus Mandacan kepada wartawan di RSUD Provinsi usai melepaskan 3 pasien positif yang sembuh, Sabtu (16/5).

Ditegaskan Gubernur bahwa jika orang-orang yang masih melakukan penolakan atau menyebarkan stiga jelek kepada COVID-19, sebaliknya keluarganya yang dilakukan seperti begitu, pasti merasa mengalami hal yang sama.

Karena itu kepala suku besar arfak ini menegaskan bahwa, masyarakat Papua Barat harus menerima 5 pasien positif terpapar COVID-19, dimana 4 di Kabupaten Manokwari dan 1 Kota Sorong.

“Pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh dengan mengikuti semua tahapan protoker kesehatan sehingga masyarakat wajib menerima 5 saudara untuk kita kembali kepada masyarakat” tandas Dominggus.

Sementara pasien positif terpapar COVID-19 yang sudah sembuh dari Kabupaten Manokwari, H. Abdullah Appe menghimbau kepada masyarakat agar jika merasa sakit atau gejala virus corona segera melaporkan ke puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat. “Jika merasa gejala-gejala segera melapor ke puskesmas atau rumah sakit terdekat, kalau diisolasi seperti begini pasti virus tidak menyebar dan cepat sembuh” tutur H. Appe.

Berita lain untuk anda

Gubernur Sulsel: Aktivitas Sekolah Selama 14 Hari Dipindahkan ke Rumah

 3,757 kali dilihat 3,757 kali dilihat Makassar, TN – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah bersama…

Tanah Sengketa 258 Hektar di Namlea Terancam Dieksekusi

 2,246 kali dilihat 2,246 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, NAMLEA – Persoalan hukum hak atas tanah seluas 258…

DPR Harap Anggota BPK Terpilih Perkuat Pencegahan Kerugian Keuangan Negara

 4,788 kali dilihat 4,788 kali dilihat TEROPONGNEWS, JAKARTA – DPR RI mengesahkan Ahmadi Noor Supit sebagai…

Antrian Vaksinasi COVID-19 di Kota Sorong Nyaris Dibubarkan Satpol PP

 2,930 kali dilihat 2,930 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Antrian vaksinasi COVID-19 di yang digelar di…

Anggota TNI Ditemukan Tewas di Yahukimo

 4,493 kali dilihat 4,493 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, YAHUKIMO – Seorang prajurit TNI-AD dari Kodim 1715 Yahukimo…

Likee Menjadi Platform Alternatif Bagi Musisi Untuk Mempromosikan Karyanya di Kala Pandemi

 221 kali dilihatLikee ajak pengguna mengekspresikan perasaannya melalui #MenepiChallenge

Kasatpol PP Ternate Raih Penghargaan Karya Bakti Dari Kemendagri

 3,589 kali dilihat 3,589 kali dilihat Ternate, TN – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP)…

Ratusan Siswa Berprestasi di Kendari Terima Beasiswa

 2,625 kali dilihat 2,625 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Kendari menyerahan…

Berkunjung ke Sorong, Ini Agenda Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa

 2,723 kali dilihat 2,723 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa beserta rombongan…

Kejati Papua Didesak Tindaklanjuti Laporan Dugaan Korupsi Dinkes Keerom

 2,620 kali dilihat 2,620 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Praktisi Hukum, Yosep Titirlobi, SH mendesak Kejaksaan…