Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan menyerahkan secara simbolis paket bahan makanan kepada masyarakat terdampak COVID-19 Kabupaten Teluk Wondama di Gedung Serbaguna Wondama, Rabu (3/6). (Foto : Ist)

Manokwari,TN– Pemerintah Provinsi Papua Barat terus menyalurkan bantuan bahan makan kepada masyarakatnya dalam rangka menghadapi pencegahan penyebaran corona virus disease 2019 (COVID-19)

Setelah wilayah Sorong Raya, Fakfak, Kaimana, Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak, kali ini rombongan Pemerintah Provinsi Papua Barat  menyambangi Kabupaten Teluk Wondama, Rabu (3/6).

Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan menyerahkan bantuan bahan makanan (Bama) sebanyak 3001 paket kepada Masyarakat terdampak Covid-19 di Wilayah Kabupaten Teluk Wondama.

Penyerahan Bama tersebut dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan kepada 9 perwakilan masyarakat  di Gedung Serba Guna Kabupaten Teluk Wondama. Penyaluran Bama selanjutnya akan dilakukan oleh Lembaga Keagamaan dari 14 Denominasi Gereja di Wondama kepada umat yang berhak menerima.

Total 3001 paket Bantuan Bama tersebut terbagi untuk Kristen protestan sebanyak 1.951 paket, Islam 850 paket, Katolik 175 paket dan Hindu sebanyak 25 paket, dengan total anggaran Rp421.640.500.

Bahan makan yang sudah tiba di ibukota Kabupaten Teluk Wondama sebanyak 100 paket kemudian rencana sisanya akan disalurkan pada hari  Jumat (5/6) melalui PT.Irian Bakti dan Bulog.

Gubernur Mandacan mengatakan, sesuai Petunjuk Presiden, Pemprov Papua Barat telah melakukan revisi anggaran belanja modal sebesar 50 persen oleh semua OPD dilingkup Pemprov PB. Sehingga sebesar Rp 197 M digeser untuk program jaringan pengaman sosial di Papua Barat.

“Dari total anggaran 197 M itu, kami alokasikan lagi sebesar 68 M, utk jaringan pengaman sosial ditingkat Kabupaten/kota di Papua Barat, yang masyarakatnya terkena dampak covid-19, Untuk realisasi tahap pertama sebesar 12 M untuk pengadaan 82 ribu lebih paket Bama di PB termasuk Teluk Wondama,” jelas Dominggus Mandacan

Orang nomor satu di Provinsi Papua Barat itu minta kepada masyarakat untuk jangan lihat nilai bantuan Bama itu tetapi kepedulian pemerintah  kepada masyarakat di Teluk Wondama, semoga bisa membantu meringankan pemenuhan kebutuhan ekonomi masyarakat.

Dominggus mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga ketertiban dan keamanan, persatuan dan kesaatuan kita. Tingkatkan kebersamaan antar semua suku, adat budaya ras dan agama sehingga dapat menangani covid-19.

“Saya ingatkan kepada masyarakat, agar selalu melaksanakan protokol kesehatan guna memutus mata rantai covid-19, saya imbau untuk sementara jangan keluar kota dulu,” ujar gubernur Mandacan.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Teluk Wondama Bernadus Imburi, mengapresiasi upaya pemerintah provinsi papua barat yang telah memberikan perhatian penuh kepada masyarakat di 12 kabupaten dan 1 kota di PB yang terdampak covid-19. Sehingga masyarakat diberikan Bantuan Bama.

“Kita bersyukur kepada Tuhan karena Tuhan baik. saya sampaikan terima kasih kepada bapak gubernur dan rombongan yang telah datang dan memberikan bantuan Bama kepada masyarakat teluk wondama yang dinyatakan layak menerima Bama tersebut,” ujar bupati Imburi.

Bantuan yang diterima secara simbolis tersebut akan ditindaklanjuti penyalurannya melalui lembaga keagamaan yang ada di teluk wondama kepada umat yang berhakenerima. Dibawah pengawasan Pemda Wondama. Imburi mengajak Seluruh hamba Tuhan di Teluk Wondama untuk mendoakan situasi covid 19 yang saat ini mewabah di seluruh Dunia bahkan Teluk Wondama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda