Beberapa sampel tanaman dan ternak yang ada di jajaran Polres Merauke. Foto-Ist/TN

Merauke, TN – Beberapa Polsek di jajaran Polres Merauke, Papua ternyata sangat antusias, dan memiliki kegemaran dalam membudidayakan pangan lokal dan ternak. Budidaya itu dilakukan di lahan tidur sekitar wilayah tugas, dengan tujuan untuk menjaga stabilitas ketahanan pangan.

Apa lagi dalam masa pandemi Covid-19 ini, kegiatan tersebut sangat cocok, untuk dikembangkan dan ditiru masyarakat, sehingga tidak kesulitan mendapatkan sayuran, buah dan umbi-umbian untuk kebutuhan setiap hari.

“Kita Polri dituntut bersinergi dengan TNI, Pemda dan masyarakat dengan mengolah lahan-lahan tidur untuk ditanam tanaman yang bermanfaat dalam menjaga stabilitas ketahanan pangan di Merauke,” terang Kapolres Merauke, AKBP Ary Purwanto, Rabu (3/6) dalam rilis.

Hasilnya, ada lima Polsek yang sudah menikmati hasil panennya, yakni Polsek Sota, Polsubsektor Semangga, Polsek Tanah Miring, Polsek Jagebob dan Polsek Kurik.

Tanaman yang ditanam berupa padi, jagung, ubi kayu, ubi jalar, keladi, kacang tanah, kacang hijau, kumbili dan sagu, serta ternak ikan sekitar 5.000 ekor, sapi sekitar 9.523 ekor.

Kapolres Merauke mengatakan, Merauke sudah dicanangkan sebagai daerah lambung pangan nasional, maka sangat penting untuk menjaga ketersediaan pangan agar tetap aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda