Tambrauw, TN – Di sebuah daerah yang terbilang pelosok, Kampung Waibem berasal dari Distrik Abun di Kabupaten Tambrauw Sorong. Distrik tersebut terletak sekitar 200 km dari Kabupaten Sorong dan sekitar 153 km jarak dari Abun ke Manokwari. Firlep Noak Yesyak (29) seorang petani yang kesehariannya berkebun didekat rumahnya ini menceritakan kisah harunya saat mengurus kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dirinya dan keluarga.

Singkat cerita, Firlep beserta keluarga selama ini belum memiliki jaminan kesehatan. Pada Februari lalu sang anak harus dilarikan ke RSAL Manokwari dikarenakan mengalami diare dan malaria, sehingga mengharuskan untuk opname (rawat inap). Mengaku tak mempunyai cukup tabungan untuk biaya Rumah Sakit sang anak. Dengan bermodalkan harapan kepada pemerintah dan BPJS Kesehatan, Firlep mengajukan pendaftaran JKN-KIS sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD Kabupaten Tambrauw.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

“Kami tinggal di Distrik Abun Kampung Waibem, lokasinya berdekatan dengan manokwari tapi masuk wilayah Kabupaten Tambrauw. Anak saya sudah beberapa hari demam dan diare, saya dan istri panik lalu larikan ke rumah sakit terdekat yaitu RSAL manokwari. Awalnya sempat bingung mau dapat biaya perawatan dari mana, namun kami teringat dengan sosialisasi dari BPJS Kesehatan yang di Tambrauw sehingga kami mencoba ajukan pendaftaran JKN-KIS KIS ke Kantor Cabang Manokwari,” ceritanya, Selasa (10/03).

Setelah petugas melakukan koordinasi antara Kantor BPJS Kesehatan Cabang Manokwari dan Kantor Kabupaten Tambrauw (Kantor Cabang Sorong) beserta pemerintah daerah Kabupaten Tambrauw melalui Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial, Filep beserta istri dan 4 anaknya akhirnya telah terdaftar sebagai peserta PBI APBD Kabupaten Tambrauw dan langsung dapat menggunakannya di rumah sakit.

“Awalnya saya hanya bermodalkan harapan bisa dibantu BPJS Kesehatan, tetapi dengan sigap 2 Kantor Cabang BPJS Kesehatan dan Pemerintah Daerah Tambrauw membantu kebutuhan warga kecil seperti kami ini. Pengobatan anak saya mulai dari obat sampai perawatan lainnya dapat diandalkan hanya lewat Program JKN-KIS ini. Sekarang kami sekeluarga sudah terlindungi Program JKN-KIS, saya ucapkan terima kasih banyak sudah membantu kami,” ungkapnya haru saat penyerahan kartu JKN-KIS miliknya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
You May Also Like

Baru saja Ditangkap, Terduga Pelaku Pembunuhan Di Doom Meninggal Dunia, Diduga Dianiaya

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – GR (21) terduga pelaku pembunuhan seorang Ibu Rumah Tangga…

Warga Pulau Doom Geger, IRT Ditemukan Tewas Di Rumahnya

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Warga pulau Doom, Distrik Sorong Kepulauan, kota Sorong…

Waduh..! Balon Bupati Teluk Bintuni Dilaporkan Istri Pertamanya

TEROPONGNEWS.COM, TELUK BINTUNI – Salah satu bakal calon (balon) Bupati Kabupaten Teluk…