Sorong, TN– Implementasi penggunaan fitur finger print merupakan salah satu upaya dan komitmen dari BPJS Kesehatan dan pihak rumah sakit untuk memberikan kemudahan serta meningkatkan kepuasan peserta dan fasilitas kesehatan dalam pelayanan administrasi penjaminan pelayanan peserta di rumah sakit, karena dengan sistem finger print ini peserta JKN-KIS akan lebih cepat dalam mengurus proses administrasi dari yang sebelumnya dilakukan secara manual dengan menunjukkan kartu JKN-KIS.

Salah satu peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) sebagai Pensiunan PNS, Elsye Sopacua (65) menyatakan sangat terbantu dengan adanya fitur finger print ini. Mengaku sudah dua kali menggunakannya, ia tak perlu lagi repot-repot melengkapi berkas setiap kali dirujuk dari Puskesmas tempat ia terdaftar ke poli jantung di Rumah Sakit Mutiara Sorong.

 

“Kebetulan saya sudah terdaftar sebagai peserta Prolanis di Puskesmas Malawei Sorong, beberapa kali dirujuk ke Rumah Sakit Mutiara Sorong ini karena sering mengalami debar-debar jantung. Jadi saya rutin dikontrol. Sudah terhitung dua kali saya menggunakan sidik jari ini ketika mau berobat, awalnya sempat bingung kenapa ya, ternyata dijelaskan petugas Rumah Sakit kalau ini memudahkan pasien seperti saya. Jadi sudah tidak ada pengecekan berkas secara manual lagi setiap kali berobat sekaligus mencegah penyalahgunaan kartu,”ungkapnya, Selasa (10/03).

Menurut Elsye, layanan di loket rumah sakit juga semakin membaik karena antrean menjadi lebih cepat karena ia tak perlu lagi berlama-lama menunggu untuk validasi berkas, cukup dengan mencocokkan sidik jari di finger print ia sudah bisa berobat dengan tenang. Ia berharap inovasi serta kemudahan yang diberikan BPJS Kesehatan untuk pesertanya dapat terus di lakukan dan dipantau secara berkala untuk meningkatkan kepuasan peserta yang berkunjung khususnya ke poli jantung.

Hingga saat ini implementasi finger print telah diterapkan di berbagai rumah sakit di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Sorong seperti RS Mutiara untuk Poli Jantung, RS Sele be Solu, RS Kabupaten Sorong, RS Herlina, RS Scholoo Keyen telah menerapkan fitur finger print pada pelayanan poli jantung, mata dan fisioterapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita lain untuk anda