Kabag Kesra Setda Kabupaten Merauke, Fransiskus A. Acanema. Foto-Getty/TN

 1,950 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Penyaluran bantuan pendidikan dan beasiswa kepada mahasiswa Kabupaten Merauke masih menunggu proses dokumen pelaksana anggaran (DPA) tahun ini.

Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Merauke, Fransiskus X. Acanema mengutarakan, penyaluran bantuan keuangan biaya pendidikan dan beasiswa belum bisa dilakukan sebab DPA belum selesai.

“Proses keuangan menjadi terhambat. Jadi kita belum bisa melakukan penyaluran,” terang Fransiskus, Kamis (26/1/2023) di ruang kerjanya.

Selaku unit yang bertanggungjawab dalam menangani bantuan bidang pendidikan, pihaknya sedang berupaya untuk mempercepat proses DPA di Bagian Keuangan dan Aset Daerah (BKAD). Dikatakan, ada dua kategori bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Merauke, yakni beasiswa dan bantuan pendidikan.

Kategori beasiswa adalah mereka yang direkrut Pemda lalu dikirim ke kota studi yang Perguruan Tingginya kerjasama dengan Pemda baik luar yang ada di luar maupun yang ada di Merauke. Terhadap mereka ini setiap bulan mendapatkan beasiswa. Untuk yang study di luar Merauke akan mendapatkan uang saku Rp 2.500.000 sedangkan yang study di Merauke mendapat Rp 1.500.000.

Berbeda dengan kategori bantuan pendidikan yaitu hanya membantu pembayaran biaya kuliah yang akan dikirim per semester. Begitu pula bantuan study akhir. Tidak sekedar mentransfer ke rekening tujuan, untuk memastikan aktivitas maupun perkembangan para mahasiswa, maka perwakilan Pemda Merauke setiap tahun rutin lakukan monitoring ke kota studi.

“Setiap tahun kita lakukan monitoring ke setiap kota studi untuk melihat perkembangan mahasiswa yang dibantu,” sambung Fransiskus.

Dikatakan, setiap tahun hampir selalu ada yang gagal atau tidak bertahan sampai wisuda dengan berbagai latar belakang persoalan. Sebagai contoh mahasiswa yang kuliah di Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta, ada sebanyak 27 orang asli Papua (OAP) program beasiswa, lima di antaranya gagal dan kembali ke Merauke. Belum terhitung di Solo, Semarang, Bandung, Makasar, Manado dan Jogja serta Merauke.

Pemda sangat berharap kepada mahasiswa penerima bantuan, agar lebih memanfaatkannya dengan baik dan punya tekad untuk selesaikan pendidikannya.
Berkaitan dengan keterlambatan bantuan setiap awal tahun harus dipahami bersama. Pihak kampus juga sudah mengetahui proses keuangan awal tahun sehingga masih dimaklumi.

“Kalau minggu ini DPA turun, minggu depan kita salurkan,” pungkasnya.

Berita lain untuk anda

Puluhan Kosmetik Berbahaya dan Tanpa Izin Edar di Kota Sorong Disita

 2,469 kali dilihat 2,469 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Sorong menyita…

Pemkot Sorong Serahkan 60 Hewan Qurban Idul Adha 1441 H

 2,702 kali dilihat 2,702 kali dilihat TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Pemerintah Kota (Pemkot) Sorong serahkan 60…

Galery ATM Center Bank Sulselbar Diresmikan

 2,617 kali dilihat 2,617 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah meresmikan galery…

Tiga Kota Besar di Papua Terpapar Covid-19

 2,852 kali dilihat 2,852 kali dilihat Jayapura, TN  –  Covid-19 alias Virus Corona yang telah mematikan…

Peringati HUT TNI AL, Lantamal XIV Sorong Vaksinasi Masyarakat Pesisir

 2,599 kali dilihat 2,599 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT)…

Perampingan Trayek Angkot Segera Diberlakukan

 2,782 kali dilihat 2,782 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon akan melakukan…

Wali Kota Canangkan HUT ke-446 Ambon

 2,710 kali dilihat 2,710 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, mencanangkan rangkaian…

Kerugian Akibat Kebakaran Toko Jawa Timur Ditaksir Capai Rp 20 Miliar

 2,632 kali dilihat 2,632 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Api yang menghanguskan pusat toko Jawa Timur di…

Garnita NasDem PB Sumbang 2 Oxygen Concentrator, PMI : Sangat Bermanfaat

 2,666 kali dilihat 2,666 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI- Guna memutus mata rantai penyebaran corona virus disease…

Wawali Ambon Harap ASN Tingkatkan Kinerja dan Disiplin

 4,449 kali dilihat 4,449 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wakil Wali Kota (Wawali) Ambon, Syarif Hadler…